Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Bubarnya Rumah.com adalah kerugian besar bagi Setiap Gedung Punya Cerita

Seperti tradisi SGPC, biasanya mimin terlambat mendapatkan informasi, dan terkadang informasinya merupakan berita buruk.

Korban I: Rumah dot com. 12 artikel terdampak. Tangkapan layar

Sejak 1 Desember 2023, salah satu perusahaan broker properti daring senior, yaitu Rumah dot com, dibubarkan empunya yaitu PropertyGuru dari Singapura sekaligus merumahkan 61 karyawannya setelah 10 tahun operasional anak usaha di Bumi Nusantara ini. Tak cuma kehilangan salah satu pilihan untuk berdagang properti milik anda, buat Setiap Gedung Punya Cerita, penutupan tersebut menciptakan rasa kecewa di lubuk hati blog ini, karena itu artinya fasilitas Berita Properti di Rumah dot com; terkhusus untuk proyek-proyek sejak 2013, tidak bisa dibaca lagi. Alias banyak data-data properti era 2010an yang belum terjamah SGPC lenyap begitu saja. Hal ini diperparah dengan sistem Rumah dot com yang menutup akses crawling (pengambilan data) Internet Archive dan sistem arsip daring lain sejak 2022.

SGPC juga menggunakan profil properti di Rumah dot com khusus dalam kondisi “terjepit” – tidak ada referensi yang handal mengenai sebuah bangunan yang tersedia di sumber konvensional seperti majalah dan koran. Namun, pemakaian profil properti Rumah dot com oleh SGPC sangat jarang, dari 611 bangunan yang dibahas per 14 Desember 2023, empat terdampak, dibanding dengan pemakaian fasilitas Berita Properti Rumah dot com yang mencapai 8 artikel.

Korban II: Pegipegi. 2 artikel terdampak. Tangkapan layar

Tak hanya Rumah dot com yang tumbang di bulan Desember Natalan ini. Pegipegi, agregator reservasi hotel kebanggaan bangsa dan pesaing Traveloka, Booking dot com dan Agoda, akhirnya memutuskan bubar pada 11 Desember 2023 alias tiga hari sebelum tulisan ini muncul. Kami jauh lebih jarang memakai referensi Pegipegi, hanya disaat dalam keadaan terjepit; ini hanya menimpa dua artikel yang semuanya adalah hotel. Kami biasanya memakai referensi dari Booking dot com atau Agoda bila terjepit, dan ada link afiliasinya. Kliklah bila anda belum, siapa tahu anda berminat

Di bawah ini merupakan artikel yang memanfaatkan referensi dari kedua website yang tutup tersebut.

Artikel yang mengutip profil gedung di Rumah dot comArtikel yang mengutip berita properti Rumah dot comArtikel yang mengutip profil hotel Pegipegi
Apartemen Taman RajaInternational Financial Centre 1el Hotel Royale Bandung
Bekasi Cyber ParkRajawali PlaceHotel Mutiara I Yogyakarta
Griya PrapancaPlaza Senayan (Apt. Plaza Senayan dan Fairmont)
Menteng PradaSouth Quarter
Kota Kasablanka
Pakuwon Mall Surabaya
Grand Indonesia
Pondok Indah Mall

Kejadian diatas akan membuat SGPC sedikit kesulitan dalam medokumentasikan catatan sejarah sebuah bangunan yang dibangun di era digital (sejak 2010). Hal yang sama menimpa banyak web-web gurem yang tidak tersorot media massa mainstream dan diketahui sudah mati oleh plugin yang SGPC instal. Kondisi bisnis dunia maya yang seringkali tidak bersahabat terutama ketersediaan dana ventura pasca-pandemi yang seret dan pola pikir serba-gratisan internet kita, menjadi penyebab mengapa web seperti Pegipegi dan Rumah dot com yang cukup senior pada akhirnya tutup juga.

Setiap Gedung Punya Cerita

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, dan bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya….


Bagaimana pendapat anda……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *