Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Bukan SGPC namanya kalau remahnya dicari karena merekalah yang duluan tersedia untuk dilahap, seperti apartemen ini. Berlokasi di jantung wilayah Menteng, Menteng Prada adalah sebuah bangunan perpaduan apartemen sekaligus pernah menjadi pusat perbelanjaan yang sudah ada dari dekade 1990an.

Apartemen tersebut dibangun mulai November 1995 setelah sebulan melakukan penggalian tanah sejak sebulan sebelumnya (Oktober 1995). Proyek tersebut sudah jadi per Juni 1997 dengan mulai dibukanya keseluruhan pusat perbelanjaan beserta apartemennya, dan per September 1997 baik hunian apartemen dan pusat belanjanya diresmikan. Menteng Prada awalnya merupakan aset dari Intiland – artinya satu pengembang dengan tetangganya, bekas Wisma Dharmala Manulife plus dalam waktu bersamaan sedang membangun banyak apartemen seperti Graha Famili dan Premier di Surabaya dan Kondominium Kintamani dan Apartemen Pantai Mutiara di kota yang sama dengan Menteng Prada – sebelum dijual di lain hari.

Gedung Menteng Prada
Menteng Prada difoto dari kereta. Foto oleh mimin SGPC

Iklan

Desain gedung yang sedikit mengadopsi unsur art-deco dengan podiumnya yang sayangnya tak serasi, dirancang oleh arsitek lokal dari PT Graha Cipta. Desain tersebut muncul sebagai bentuk pembauran dengan kawasan Menteng yang identik dengan rumah-rumah peninggalan Belanda. Petinggi PT Graha Cipta mengatakan bahwa desain tersebut merupakan neoklasik, karena penggunaan lengkung dan unsur kaca pada podiumnya. Sementara unsur klasik yang didapat adalah dari tower apartemennya yang beratap dan memiliki ornamen besi tempa.

Secara interior, karena apartemen ini menganggap suasana luar kamar tidak penting, fasilitas pendukung seperti pusat sauna, laundromat dan fitness ditempatkan di lantai delapan dengan desain semenarik mungkin.

Menteng Prada dalam tahap pembangunan, 1996
Saat dibangun. Foto oleh Majalah Konstruksi

Apartemen Menteng Prada memiliki 64 unit kamar di 8 lantai teratas yang bisa disewakan per bulan kala itu dengan banderol 1500 dolar Amerika yang setara dengan Rp. 3,57 juta per bulan pada 1997 (Rp. 25,7 juta nilai 2020), terdiri dari 24 unit 1 kamar tidur, 39 unit 2 kamar tidur dan 1 unit 3 kamar tidur. Bandingkan dengan harga sewa unit yang sama per iklan di web Rumah dot com pada bulan Juli 2022 yang hanya Rp. 12 juta (setara Rp. 1,7 juta harga 1997).

Desainnya merupakan standar apartemen di Jakarta dengan harga sejenis seperti biasanya. Sementara lantai 5-8 merupakan parkir dan fasilitas pendukung apartemen dan lantai 1-5 merupakan lantai pusat perbelanjaan. Nah, mal Menteng Prada inilah yang dahulu beken dengan keberadaan gerai Transmart (dahulu Carrefour), dan sebelumnya Golden Truly, Johnny Andrean, serta sentra perdagangan berlian dan emas di Jakarta sejak awal dibuka. Kini tersisa Bank Panin yang masih buka capem di gedung ini.

Secara struktural gedung ini menggunakan pondasi bored pile, dan saat pembangunan struktur utama pembesiannya (kerangka gedung) dicetak sehingga gampang dipasang, menggunakan phenolfilm untuk bekisting agar bisa dipakai berulang dan formwork untuk kolom, rangka dan shaft. Pembangunan dilakukan oleh Dimensi Engineering Contractors.

Tambahan 13/09/2021 untuk menambah detail pembagian tipe kamar dan juga lama pembangunan dan pembukaan.

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1990an dapat anda baca di artikel ini


Iklan

Data dan fakta

AlamatJalan Pegangsaan Timur No. 15A Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekGraha Cipta
PemborongDimensi Engineering Contractors
Lama pembangunanNovember 1995 – Juni 1997
Jumlah lantai17 lantai
Jumlah unit64
Biaya pembangunanRp. 71,4 milyar (1997)
Rp. 515 milyar (inflasi 2020)
Referensi: Majalah Konstruksi Februari 1997

Referensi

  1. Umi-Raska (1997). “Menteng Prada, Manfaatkan Lahan Sempit”. Majalah Konstruksi No. 244, Februari 1997, hal. 43-46
  2. Website resmi Menteng Prada (arsip)
  3. dhn (1997). “Apartemen dan Pusat Belanja Menteng Prada Siap Operasi.” Media Indonesia, 6 Juni 1997, diarsip 6 Juni 1997.
  4. Prospektus final Dharmala Intiland 2016, diarsip 11 November 2018
  5. Profil apartemen di Rumah.com, diakses 7 Juli 2022

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *