Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Glossarium

Jika anda membaca blog SGPC, anda akan menemukan beberapa kata-kata sulit, kata-kata bernuansa arsitektur atau istilah tak biasa yang mimin SGPC ciptakan hanya untuk blog ini. Berikut adalah arti sesungguhnya.

Bahasa teknik

IstilahArtiSumber
ArsitekIndividu/badan hukum yang ahli dalam menggambar dan merancang gedung, jembatan dan sebagainya.Kamus Besar Bahasa Indonesia
Strata titleGedung yang menawarkan ruang sebagai hak milik, bukan disewakan. Sumber
ConblockBlok beton untuk dekorasi
CorMenuang material beton alias semen ke tulangan besiKamus Besar Bahasa Indonesia
CoreDiindonesiakan “inti bangunan”. Bagian gedung yang menampung fasilitas-fasilitas vital bangunan seperti listrik, lift, air dan tangga darurat. Terkadang, bisa menjadi bagian terkuat pada strukturSumber
Design and construct/design and buildMetode manajemen konstruksi dengan perencanaan dan pelaksanaan dilakukan sepaket. Biasanya dilaksanakan oleh pemborong, atau bisa saja dari firma arsitek sendiri jadi pemborong. Ini dilakukan untuk memangkas risiko proyek, atau penghematan.
Terkadang istilah ini bisa menjebak…….
Sumber
DilatasiSambungan antar kedua lantai gedung yang strukturnya terpisahSumber
FasadWajah/eksterior gedung. Berasal dari kata “façade”.
Secara KBBI, fasad artinya kerusakan moral.
FinishingMateri yang dipakai untuk pelapisan dan dekorasi eksterior dan interior gedung sehingga terlihat lebih cantik, sesuai dengan kebutuhan klien atau arsitek.
Form follow functionSlogan ciptaan arsitek Louis Sullivan, dimana eksterior gedung harus menekankan gunanya. Pemeo ini semakin diperteguh oleh pemikiran Frank Lloyd Wright, yang menganggap bentuk gedung dan fungsinya adalah sebuah kesatuan.Sumber
Gross floor area/GFA
Lantai kotor
Luas lantai kotor
Luas lantai total
Luas lantai dari dalam tembok gedung total tanpa memperhitungkan luas lantai yang dijadikan prasarana dan tembok penyekat.Sumber
Glass-fibre reinforced concrete (GRC)Beton berserat kaca. Bahan yang digunakan untuk melapisi tembok gedung dengan mencampur material semen, pasir dan serat-serat alkali dan kaca.
Net floor area/NFA
Luas lantai bersih
Luas lantai yang diperdagangkan kepada khalayak banyak.Sumber
Poer/pile capStruktur beton yang menyebarkan beban struktur atas ke pondasi tanah melalui tiang pondasi di bawahnya. Sangat umum digunakan di gedung tinggi yang menuntut beban/load tinggi.Sumber
Pratekan/PrestressingBeton yang struktur besinya sudah ditekuk sebelum ditarik kembali, diberi beton dan dipasang ke panel gedung. Praktik ini memperkuat sebuah beton menahan beban.Sumber
untuk video, lihat “Post-tensioning”
Post-tensioningBeton pratekan yang struktur besinya baru ditarik setelah dibeton.Video
Beton bertulang/Steel reinforced concreteBeton yang telah diperkuat oleh besi, memperkokoh konstruksi.Sumber

Merek dagang

Nama merkProduk
AlucobondPanel komposit aluminium
SanyoPompa air

Diciptakan oleh SGPC

Beberapa istilah tidak standar ini mimin ciptakan sebagai copyright trap, jadi sunting dulu istilah tak pentingnya, sebelum anda edar ulang tulisan SGPC di luar blog ini.

IstilahArti
DilanowcyDibaca “dilanovsi”.
Generasi millennial sampai generasi Z, yang melihat dekade 1990an melalui lensa film “Dilan 1990” beserta sekuelnya “Dilan 1991”. Dari kata “Dilan” dan imbuhan jamak Bahasa Polandia -owcy.
Kata ini diciptakan sebagai ciri khas blog SGPC. Mimin tahu tulisan blogger yang dicuri dari blog ini bila kata “Dilanowcy” tidak diredaksi.
SilabanistaBisa diartikan sebagai fans arsitek Friedrich Silaban yang merupakan anak didik Presiden Soekarno, maupun orang-orang yang menelan mentah-mentah doktrin arsitektur tropis a la Silaban dan menganggap bangunan modern yang “tak sesuai kaidah tropis” tidak layak dibangun di Indonesia.
YasinistaSimpatisan Yang Dipertuan Agong Sultan Negeri Bebas Kereta dan Lebuhraya Adriansyah Yasin Sulaeman, alias nama kasarnya losbp, anggota Skyscrapercity. Sikapnya pada pembangunan kota yang dianggapnya terlalu bergantung dengan kendaraan bermotor pribadi amat utopis dan terkadang melebar kemana-mana, bahkan sikapnya pada tol antarkota menonjolkan pandangan Jakartasentrisnya. Sayangnya, generasi Dilanowcy sangat menyukai doktrin Yasin.
Dekade Dilan1990an. Juga bersumber dari popularitas film Dilan 1990.
gempurPembongkaran bangunan. Dalam bahasa pengembang/industri real estate dan arsitektur, “pembangunan kembali” atau “re-develop”
oplasPerubahan eksterior bangunan, ibarat mengubah wajah seseorang. Selengkapnya bisa dibaca di tulisan SGPC ini.
PemborongIstilah pedesaan/daerah untuk “kontraktor” yang melaksanakan pembangunan sebuah proyek.
Ruang kerja bersama (RKB)Terjemahan dari co-working space. Tempat kerja untuk perusahaan kecil, terutama perusahaan rintisan (startup) yang kebanyakan digital.
SayapAnak usaha.
PusdiklatPusat pendidikan dan pelatihan. Secara harfiah, tempat karyawan dilatih dan dididik ke dalam budaya kerja sebelum mulai melaksanakan pekerjaan di instansi tersebut.
Verified by MonsterInsights