Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Support us through SGPC’s Trakteer and get early access and exclusive content.

Sebenarnya, Intiland Tower tidak cuma di Jakarta, tapi juga ada di kota Surabaya seperti yang kita bahas disini. Intiland Tower Surabaya adalah gedung berlantai 12 yang memiliki desain yang cukup unik namun cukup besar, dirancang oleh Paul Rudolph menjelang wafatnya dan dibangun oleh Tatamulia Nusantara Indah mulai 1996 hingga 1997. Gedung yang awalnya diberi nama Wisma Dharmala Sakti Surabaya ini sekarang dikelola oleh Intiland, yang dulu bagian dari Dharmala.

 Intiland Tower Surabaya
12 September 2016. Foto oleh mimin SGPC

Iklan

Intiland Tower Surabaya berdiri di bekas bioskop

Sebelum gedung ini dibangun, lahan yang sekarang menjadi Intiland Tower Surabaya ditempati oleh sebuah bioskop bernama Bioskop Bayu yang berlokasi di seberang Japfa Indoland Centre dan sebelah Hotel Brantas. Bioskop tersebut sudah diratakan sebelum pembangunan gedung ini dimulai. Konstruksi gedung tersebut dimulai pada April 1996.

Dalam progres pembangunannya, proyek Wisma Dharmala Sakti ini sempat digoyang oleh masyarakat lokal karena pekerjaannya mengganggu kenyamanan masyarakat sekitar. Beruntung, pihak kontraktor bertindak dengan memasang fitur pengaman di rumah-rumah masyarakat yang berada di samping proyek. Di luar itu, pembangunannya berlangsung lancar hingga pada 16 April 1997, gedung berlantai 12 ini tutup atap. Konstruksi keseluruhan rampung Agustus 1997.

Kala selesai dibangun, Dharmala Intiland menjadikan Intiland Tower di Surabaya sebagai gedung yang berfungsi ganda sebagai kantor dan pusat perbelanjaan, yang belakangan sudah menjadi kantor murni dengan sedikit ritel. Kantor grup Dharmala dilebur ke dalam Intiland Tower dan sisanya disewakan ke masyarakat. Menurut laporan tahunan 2022, 52 persen ruang kantor terisi dengan rata-rata biaya sewa Rp. 183,5 ribu per meter persegi per bulan, lebih rendah dibanding saat gedung ini selesai dibangun, yaitu 75 persen saat diwartakan Majalah Konstruksi pada September 1997, dengan harga sewa bulanan mencapai Rp. 29.400 (1997, setara Rp. 212 ribu nilai 2020) per meter persegi.


Iklan

Arsitektur Intiland Tower Surabaya: Ekspresi liar peneduh matahari

Saat sedang dibangun
Foto dari Tatamulia Nusantara

Wisma Dharmala Sakti, begitu nama aslinya, dirancang oleh Paul Rudolph bersama dengan perancang lokal dari PT Gunawan Cipta Arsindo. Sayangnya, Paul Rudolph wafat di bulan yang sama dengan akhir pembangunan Wisma Dharmala Sakti Surabaya, menjadikan gedung ini karya terakhirnya di Indonesia [mfn]Rudolph juga mendesain beberapa gedung Intiland lainnya di Jakarta dan memiliki langgam yang setara dengan gedung-gedung Dharmala Intiland karyanya di Sudirman, tetapi tidak direalisasikan[/mfn], atau dalam kata lain Rudolph tak akan melihat karyanya berdiri dengan gagah di Kota Pahlawan.

Desain gedungnya yang unik dan miring ini merupakan lanjutan dari konsep arsitektur tropis yang sudah Paul Rudolph terapkan sebelumnya melalui Wisma Dharmala Sakti di Jakarta, walau disesuaikan dengan lahan gedung yang mengotak. Hasilnya, gedung Intiland Tower Surabaya berbentuk “X tight” dan sudah menyesuaikan dengan bentuk tanah. Krisentia Giodivani, seorang mahasiswa magister Arsitektur UK Parahyangan, Bandung, mengatakan bahwa desainnya diilhami dari candi bentar. Sementara Indonesia Design justru menyebut gedung ini tidak beraturan yang disebut sebagai “ekspresi keliaran Paul Rudolph dalam merancang bangunan yang tidak mau terkungkung oleh kekakuan struktur.”

Penggunaan teras dan overhang miring pada gedung yang kemiringannya mencapai 64 derajat dan dilengkapi dengan sun-shading bermaterikan pipa, ditujukan untuk mengurangi panas masuk ke gedung tanpa menangkis cahaya. Rancangan tersebut menekan ongkos lampu dan penggunaan AC hingga 20%, walau harus mengorbankan ruang kantor. Indonesia Design mencatat bahwa panas yang masuk ke dalam interior Intiland Tower hanya 20 persen berkat teras dan overhang tersebut.

Lobi Intiland Tower Surabaya dengan lift kapsulnya. Foto Ronniecoln

Struktur Intiland Tower Surabaya menggunakan kolom miring rigid yang diperkuat cantilever dan corenya merupakan beton yang memperkokoh bagian struktur lainnya. Finishing gedung menggunakan mayoritas marmer untuk atrium dan lantai gedung, sementara eksterior tidak disinggung.

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1990an dapat anda baca di artikel ini


Iklan

Data dan fakta

AlamatJalan Panglima Sudirman No. 101-103 Genteng, Surabaya, Jawa Timur
ArsitekPaul Rudolph (arsitek prinsipal)
PT Gunawan Cipta Arsindo (architect of record)
PemborongPT Tatamulia Nusantara Indah (arsitektur dan struktur)
PT ACSET Indonusa (pondasi)
Lama pembangunanApril 1996 – Agustus 1997
Jumlah lantai12 lantai
Biaya pembangunanRp. 49 milyar (1997)
Rp. 353 milyar (inflasi 2020)
SignifikasiArsitektur (satu dari dua mahakarya Paul Rudolph di Indonesia)
Referensi: Majalah Konstruksi September 1997

Referensi

  1. Saptiwi (1997). “Wisma Dharmala Surabaya, Desainnya Unik nan Cantik”. Majalah Konstruksi No. 259, September 1997, hal. 48-53
  2. “Wisma Dharmala Bereksterior Unik”. Jawa Pos, 8 Juli 1996
  3. “Padukan Kantor dan Perbelanjaan, Dharmala Bertekad Pulihkan Bisnis Perkantoran”. Jawa Pos, 17 April 1997
  4. Annual Report Intiland 2022
  5. IRS (1996). “Kontraktor Dilaporkan ke Dinas Tata Kota”. Jawa Pos, 24 Desember 1996.
  6. Rilis pers Dharmala Intiland, 30 Mei 1997
  7. Rilis pers (1997). “Satu Lagi Landmark Kota Pahlawan Selesai Dibangun“. Dharmala Intiland, 16 April 1997.
  8. Krisentia Giovani D. (2014). “Penerapan “Kontep Kontekstual” Paul Rudolph Pada Arsitektur Perkantoran Bertingkat Banyak di Indonesia.” Jurnal: E-Journal Graduate Unpar, hal. 52-60.
  9. cht (2005). “Wisma Dharmala Surabaya”. Majalah Indonesia Design Vol. 2, No. 10, 2005. Hal. 35-38

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *