Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Wisma Hayam Wuruk adalah gedung tinggi pertama di kawasan Jalan Hayam Wuruk dan Jalan Gajah Mada yang didominasi rukan-rukan berlantai 3. Merupakan sebuah penanaman modal asing, gedung ini dirancang oleh tim arsitek dari Alfred A. Yee & Associates asal Honolulu, Amerika Serikat, dan dibangun oleh perusahaan E.E. Black Construction Indonesia. Wisma Hayam Wuruk dibangun di bekas lahan percetakan Daya Upaya atau Drukkerij de Unie.

Wisma Hayam Wuruk
Wisma Hayam Wuruk sebelum direnovasi, 2014. Foto oleh mimin SGPC

Iklan

Eks kantor pusat HSBC

Kala dibuka pada Agustus 1976, klaim iklan Wisma Hayam Wuruk di koran-koran dan majalah, gedung dengan luas lantai 27 ribu persegi ini menjadi kantor Hongkong & Shanghai Bank, di dua lantai terbawah. Belum diketahui kapan HSBC minggat dari gedung ini ke lokasinya sekarang di WTC Jakarta. Sayangnya, di balik penampilan unik dan penghuni bekennya, Wisma Hayam Wuruk dikatakan nyaris kosong selama awal operasionalnya hingga Gajah Tunggal mengambil alih gedung tersebut.

Tidak disebutkan kapan usaha ban Gajah Tunggal mulai menempati Wisma Hayam Wuruk. Dari 1984 sampai 1998, gedung berlantai 14 ini menjadi kantor pusat Bank Dagang Nasional Indonesia (bukan Bank Dagang Negara, BUMN bank) hingga dileburkan bersama bank-bank lain ke Bank Internasional Indonesia. Sementara itu sejak 2016, Bank Ganesha resmi berkantor pusat di gedung ini.

Baik BDNI dan Bank Ganesha merupakan bagian dari Grup Gajah Tunggal yang membeli PT Manning Development dari pemilik lama Wisma Hayam Wuruk – PT Wisma Gariya – pada tahun 1985 dengan harapan gedung tersebut menjadi kantor pusat konsolidasi untuk perusahaan-perusahaan milik Gajah Tunggal.

Cara lain yang lebih agresif, Sjamsul…… mengambil alih Wisma Hayam Wuruk pada 1985.

Majalah Prospek, 29 Desember 1990, hal. 101
Wisma Hayam Wuruk (axono)
Pemandangan dari Hotel Yello Hayam Wuruk. Foto oleh mimin SGPC

Wisma Hayam Wuruk simpan kapsul waktu pertama di Indonesia

Saat pembangunan gedung selesai, pada 1 Juni 1976, sebuah kapsul waktu dikubur di salah satu bagian struktur gedung, sebagai batu terakhir konstruksi gedung tersebut, berisi foto polaroid upacara penanaman kapsul waktu, sejumlah uang koin dan harian-harian pagi Jakarta terbitan 1 Juni 1976. Awalnya ditanam foto Presiden Republik Indonesia Soeharto, Gubernur DKI Ali Sadikin dan Ratu Elizabeth II dari Inggris Raya, karena dianggap tidak lazim saat itu, penanaman foto tersebut dibatalkan dan diganti dengan benda yang disebutkan pertama. Hal ini membuat konsep Presiden Joko Widodo menanam kapsul waktu di Merauke pada HUT Republik Indonesia ke-70 tahun 2015 terasa bukan hal yang baru.

Sejak 2016 gedung ini dicat cokelat, menghilangkan konteks brutalist gedung ini.


Iklan

Si brutalist yang terilhami rumah Batak dan Minangkabau

Wisma Hayam Wuruk
Wisma Hayam Wuruk dari Hotel Yello Hayam Wuruk, menampilkan sisi miringnya. Foto oleh mimin SGPC
Potongan samping dan elevasi lantai Wisma Hayam Wuruk
Potongan menyamping dan elevasi lantai Wisma Hayam Wuruk.
Diubah secara digital karena versi aslinya elevasinya tidak runut.
Sumber: Cipta, 03-04/1976

Iklan

Desain gedungnya yang melebar ke atas, menurut laporan majalah Cipta terbitan Maret-April 1976, terilhami oleh gaya rumah tradisional Batak dan Minangkabau yang menonjol keatas. Tak hanya itu, hal ini dilakukan juga untuk memperbesar luas sewa gedung.

Wisma Hayam Wuruk
Dari Jalan Gajah Mada, pada malam hari, menampilkan sisi miring yang sama. Foto oleh mimin SGPC

Struktur gedung bergaya brutalist (berarti ini yang pertama dari empat gedung tinggi brutalist – tiga lainnya adalah Gedung Chairul Saleh, Waskita Heritage dan Bank Indonesia kanwil Semarang) ini material pembangunannya menggunakan beton pratekan dan pracetak yang dicetak di Pulogadung. Selain itu, lapis luar gedung mengalami bushhammering (menggosok) dan sandblasting untuk menciptakan permukaan kasar pada tembok gedung. Seperti Gedung Chairul Saleh yang dibangun 7 tahun kemudian, tembok gedung yang terekspos juga diberi pencegah jamur. Menurut majalah Progress terbitan September 1975, Wisma Hayam Wuruk adalah gedung tinggi pertama di Indonesia yang menggunakan sistem pratekan dan precast, yang pratekannya dilakukan oleh Pacific Prestress Indonesia.

Gedung ini juga dilengkapi dengan parkir 4 lantai untuk 370 mobil. Desain luarnya juga dibuat serasi dengan gedung perkantorannya.

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1950an hingga 1970an dapat anda baca di artikel ini


Iklan

Data dan fakta

AlamatJalan Hayam Wuruk No. 8 Gambir, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekAlfred A. Yee & Associates
PemborongE.E. Black Indonesia
Selesai dibangun1976
Tinggi gedung64 meter
Jumlah lantai15 lantai
SignifikasiArsitektur (gedung pertama di Indonesia yang berlanggam brutalist)
Sumber: Majalah Cipta No. 3-4, 1976, Majalah Progress No. 97 Juni 1976, Majalah Konstruksi Jan-Feb 1977

Referensi

  1. NN (1976). “Wisma Hayam Wuruk”. Majalah Cipta, No. 3-4, 1976.
  2. Majalah Tempo, 13 Maret 1976 (iklan)
  3. Kantor Pusat BDNI, 24 April 1997 dan 16 April 1998
  4. Kantor Pusat Gajah Tunggal, 11 Desember 2018
  5. Kantor Pusat Bank Ganesha, 11 Desember 2018
  6. J (1976). “Ibukota selintas: melebar ke atas”. KOMPAS, 2 Juni 1976.
  7. Alfred A. Yee & Associates (1976). “Surat Pembaca: Wisma Hayam Wuruk”. KOMPAS, 12 Juni 1976.
  8. Irene Agustine (2018). “Monumen Kapsul Waktu Merauke Rampung Oktober 2018, Begini Bentuknya“. Bisnis Indonesia, 24 Juli 2018. Diakses 22 Agustus 2019. (arsip)
  9. “Bangunan Unik di Jakarta: Wisma Hayam Wuruk”. Majalah Konstruksi, Januari-Februari 1977.
  10. “Wisma Gajah Mada: Cari Penyewa”. Majalah Progress No. 97, Juni 1976.
  11. “Indonesia Memasuki Tahun Konstruksi Pratekan Bangunan Tinggi”. Majalah Progress No. 79, September 1975.
  12. “Gajah Tunggal Group: Gajah Gemuk dari Bandengan Utara”. Majalah Prospek, 29 Desember 1990, hal 100-101.
  13. Baso Amir; Radityo D.M. Ibrahim (1990). “Berapa Besar Bisnis Sjamsul di Property?” Majalah SWA No. 1/VI, April 1990, hal. 56-58

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, dan bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *