Iklan

Adhi Karya adalah BUMN kontraktor yang dibentuk melalui jalan nasionalisasi terhadap dua perusahaan Belanda, NV Associatie dan Tikind Surabaya. Ia dikenal membangun banyak proyek infrastruktur dan bangunan monumental seperti Gedung Bank Indonesia (Silaban), Sarinah hingga proyek komersil seperti Pakubuwono Residence. Kantor Pusat Adhi Karya berlokasi di Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Gedung Kantor Pusat Adhi Karya
Gedung utama kantor pusat Adhi Karya sebelum penataan lanskap pada 2000an. Foto oleh Adhi Karya/Majalah SWAsembada No. 2/IX, Mei 1993

Beda dengan gedung-gedung BUMN karya lain seperti Gedung Waskita Heritage, Plaza PP, Gedung WIKA atau Gedung Nindya, kantor tersebut tidak tinggi dan menonjol. Tetapi BUMN kontraktor ini menjadi salah satu yang terawal pindah dari kantor lama mereka di tahun yang sama dengan Wijaya Karya.

Sebelumnya Adhi Karya berkantor pusat di Jalan Ir. H. Juanda No. 39, Gambir, Jakarta Pusat, bekas kantor pusat NV Associatie yang sekarang gedung kosong. Meningkatnya kegiatan organisasi membuat Adhi Karya membangun gedung baru di lahan seluas 1,8 hektar di Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Gedung bergaya arsitektur modern tropis tersebut dikabarkan dibangun sepanjang tahun 1982, berlantai 3 dan 1 besmen dengan luas lantai keseluruhan 3.500 m2. Selanjutnya, pada 2012 (foto udara Google Maps) gedung perluasan berlantai dua bernama “East Building” dibangun.

Data dan fakta

AlamatJalan Raya Pasar Minggu km. 18 Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jakarta
PemborongAdhi Karya
Selesai dibangun1982
Jumlah lantai3 lantai
1 basement

Referensi

  1. Muhammad Zaki (1992). “PT (Persero) Adhi Kara: Memupuk kepercayaan melalui kebersamaan.” Majalah Konstruksi No. 171, Juli 1992, hal. 67-70

Lokasi

Google Translate:


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *