Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

BUMN Karya memang membangun kantornya secara mandiri. Gedung Nindya Karya yang berlokasi di Jalan M.T. Haryono Kav. 22, Jakarta ini merupakan kantor pusat BUMN pemborong Nindya Karya sejak 1987, kantor lama berada di sebelah kompleks gedung baru. Bangunan berlantai 8 ini dirancang oleh PRW Architects dengan Ir. Warman Anwar sebagai perancang utama, sementara strukturnya dirancang oleh tim dari Jata Nurman dan dibangun sendiri oleh Nindya Karya selaku pemilik bangunan, mulai Maret 1985 dan selesai dibangun per Maret 1987.

Gedung Nindya Karya
Foto oleh mimin SGPC

Berlantai 8 (Nindya awalnya berharap gedung mereka berlantai 13 tetapi tidak diizinkan Pemprov DKI), dengan luas lantai 7.616 meter persegi dan tinggi 33 meter dari tanah ke atap gedung (arsitektural diestimasi 35 meter), Gedung Nindya Karya dirancang dengan gaya internasional, hanya menonjolkan struktur gedung yang kokoh dan fungsional. Lapis luar yang digunakan saat dibangun menggunakan keramik putih dan lapis hitam; pejabat Nindya Karya pada 2016 mengganti penampilan luar gedung, entah kenapa.

Struktur bangunan masih sederhana, pondasi Frankipile dengan kedalaman 16-19 meter, dan struktur atas portal terbuka, beton bertulang tanpa tembok geser.

Architectural genocide
Setelah direnovasi, selera rendahan. Foto oleh mimin SGPC

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1980an dapat anda baca di artikel ini

Data dan fakta

AlamatJalan M.T. Haryono Kav. 22 Cawang, Jakarta Timur, Jakarta
ArsitekIr. Warman Anwar (PRW Architects) (arsitektur)
Jata Nurman (struktur)
PemborongNindya Karya
Lama pembangunanMaret 1985 – Maret 1987
Jumlah lantai8 lantai
1 basement
Tinggi gedung33 meter
Referensi: Majalah Konstruksi #109 Mei 1987

Referensi

  1. NN (1987). “Nindya Karya, membangun kantornya sendiri”. Majalah Konstruksi No. 109, Mei 1987

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *