Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Gedung Pusri adalah sebuah gedung berlantai 8 yang menjadi kantor pusat dari holding BUMN pupuk Pupuk Indonesia, dan kantor perwakilan Pupuk Sriwijaya (Pusri), berlokasi di ujung timur Jalan Arjuna Selatan dan Tol Jakarta-Merak, dekat dengan Mall Taman Anggrek dan Taman Anggrek Residence. Gedung ini dirancang oleh tim arsitek Arkonin, dan dibangun oleh Pembangunan Jaya.

Gedung PUSRI
Foto oleh mimin SGPC

Sayangnya, tidak ada data mengenai luas lantai gedung dan lama pembangunan gedung yang sosoknya didominasi elemen beton tegak dan jendela warna cokelat ciri khas 1970an, tetapi TEMPO mencatat bahwa gedung ini sudah digunakan sebagai kantor pusat Pusri dari 1979 sampai 1981, saat Pusri diinstruksikan kembali berkantor pusat di Palembang. Sekitar 2013, berdasarkan pandangan mata SGPC, gedung tersebut dicat ulang ke warna abu-abu dengan sedikit corak putih.

Gedung Pupuk Indonesia, Gedung Pusri dalam tahap pembangunan. Foto hitam-putih gedung dengan perancah. Jakarta tempo dulu 1970an, 1977
Dalam tahap pembangunan, 1977. Foto oleh Majalah Konstruksi, Nov-Des 1977.

Data dan fakta

AlamatJalan Taman Anggrek Palmerah, Jakarta Barat, Jakarta
ArsitekArkonin
PemborongJaya Konstruksi
Selesai dibangun1979
Jumlah lantai8 lantai
Referensi: Majalah Konstruksi Nov-Des 1977

Referensi

  1. NN (1977). “Proyek Singkat: Gedung Baru PUSRI”. Majalah Konstruksi, November – Desember 1977, hal. 114-115
  2. “Pusri Boyong Lagi.” TEMPO, 7 November 1981

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *