Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Taman Anggrek Residences & Hublife Jakarta

Kembali lagi SGPC membahas gedung baru yang hanya menang tinggi dan kalah sejarah. Berdiri di samping Mall Taman Anggrek dan Podomoro City, Taman Anggrek Residences adalah kompleks apartemen yang dikembangkan bersama-sama antara Grup Mulia dan Agung Sedayu Group, keduanya merupakan pengembang yang tak banyak terlihat di media, tapi memperlihatkan hasilnya di dunia nyata langsung. Terutama ASG yang gencar berdagang properti di layar Metro TV.

Taman Anggrek Residence
Apartemen Taman Anggrek Residence, yang warna putih di kiri itu Westmark, bukan TAR. Foto oleh mimin SGPC

Iklan

Kompleks ini berdiri di atas bekas Hotel Orchid Palace yang kadung dibongkar sejak 1990an. Walau Agung Sedayu meluncurkan proyek ini pada tanggal 28 September 2013, proyek ini baru dimulai konstruksinya sejak April 2015 hingga selesai sekitar pertengahan 2018 (pengamatan mata forum Skyscrapercity), dan diteruskan ke pembangunan jembatan penghubung ke Mall Taman Anggrek dan serah terima unit. Sementara mal di podium, bernama Hublife, baru beroperasi sejak 28 Mei 2021, ditengah pandemi COVID-19.

Perancangan desain diserahkan kepada Smallwood, Reynolds, Stewart, Stewart & Associates bersama dengan Megatika Internasional, rancang strukturnya diberikan ke Haerte Widya Konsultan Engineering, sementara konstruksinya dilakukan Acset Indonusa untuk pondasi, dan Pulauintan Bajaperkasa (Pulau Intan) untuk struktur utama bangunan.

Agaknya, sama seperti apartemen-apartemen kontemporer lain, cukup sulit mencari informasi arsitektur yang joss. Bahkan dari Smallwood dan Haerte sendiri hanya memberi info propertinya saja. Taman Anggrek Residences terdiri dari enam menara apartemen, dua diantaranya berlantai 39 dan sisanya berlantai 40 sudah termasuk 3 lantai mal, menyediakan 3.812 unit apartemen (versi Smallwood) yang terbagi ke dalam enam jenis, yaitu apartemen studio, 1, 2 dan 3 kamar tidur serta kondominium dua plus satu dan tiga plus satu kamar tidur. Nama-nama menaranya, searah jarum jam dari utara, adalah menara Fragrant, Azalea (kondo), Beech (kondo), Calypso, Daffodil dan Espiritu. Selain keenam menara yang disebut tadi, tersedia juga unit-unit berlantai sedang dengan balkon yang lebih luas.

Bagian podium yang berlantai 3 plus 3 ruang bawah tanah dimanfaatkan untuk fasilitas umum dan pusat belanja. Fasumnya disebut sebagai sebuah “oasis”, menyediakan clubhouse dan kolam renang berukuran besar yang dipercantik oleh taman disekelilingnya. Di bawah podium adalah ruang parkir untuk 2.700 kendaraan roda empat plus fasilitas dasar.

Sementara itu, pusat belanja Hublife Jakarta menempati luas lantai seluas 18.740 m2 di podium Taman Anggrek Residences, yang konsepnya kental dengan budaya pop dekade 2020an. Interiornya dipoles dengan seni rupa karya tiga seniman jalanan bernama Harisazka, Mahendra Nazar dan Arnis Muhammad. Seperti Astha 8, Hublife cenderung merupakan mal kuliner, dengan sedikit tenant “reguler” seperti supermarket Ranch Market, dokter gigi Dental Station dan sasana kebugaran Anytime Fitness. Ia terhubung ke Mall Taman Anggrek melalui sebuah jembatan yang ternyata viral di media sosial karena keunikan desainnya.


Iklan

Data dan fakta

AlamatJalan Letjen S. Parman, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Jakarta
ArsitekSmallwood, Reynolds, Stewart, Stewart & Associates (arsitektur)
Megatika Internasional (architect of record)
Haerte Widya Konsultan (struktur)
PemborongPulauintan Bajaperkasa (struktur)
Acset Indonusa (pondasi)
Lama pembangunanApril 2015 – pertengahan 2018
Dibuka (Hublife)28 Mei 2021
Tinggi gedung (Haerte: Azalea dan Beech)150 meter
Jumlah lantai (Azalea dan Beech)39 lantai
3 basement
Jumlah lantai (Calypso, Daffodil, Espiritu, Fragrant)40 lantai
3 basement
Jumlah unit3.812
Referensi: Pulau Intan, Smallwood, Haerte Widya

Referensi

  1. Halaman resmi Agung Sedayu Group, diakses 17 Oktober 2022 (arsip)
  2. Halaman resmi Smallwood, diakses 17 Oktober 2022 (arsip)
  3. Halaman resmi Pulauintan Bajaperkasa, diakses 17 Oktober 2022 (arsip)
  4. Halaman resmi Haerte Widya Konsultan, diakses 17 Oktober 2022 (arsip)
  5. Halaman resmi Hublife, diakses 17 Oktober 2022 (arsip)
  6. Arsip halaman resmi Megatika Internasional, diarsip 12 Agustus 2020
  7. Halaman tim pemasaran (tidak resmi) Taman Anggrek Residences:
    1. Investproperti.com, 27 September 2013. Diakses 17 Oktober 2022 (arsip)
    2. tar.apartments, diakses 17 Oktober 2022 (arsip)
  8. Tak Mau Dicap Jadul, Ini Siasat Mall Taman Anggrek.” Marketeers, 10 Juli 2015. Diakses 17 Oktober 2022 (arsip)
  9. Fajar Widhiyanto (2021). “Tawarkan Konsep Baru Lifestyle Hub, Hublife Buka di Jakarta Barat.” Investor Daily, 1 Juni 2021. Diakses 17 Oktober 2022 (arsip)
  10. Erni S. (2021). “Tawarkan Konsep Baru Yang Inovatif, Hublife Resmi Dibuka.” Industry.co.id, 29 Mei 2021. Diakses 17 Oktober 2022 (arsip)
  11. Tiara Fitriyani (2021). “Mall Baru di Jakarta Bernuansa K-Pop, Hublife Telah Dibuka!” Have Halal Will Travel, 31 Mei 2021. Diakses 17 Oktober 2022 (arsip)
  12. Thread Skyscrapercity mengenai Taman Anggrek Residence. Konstruksi dimulai dari halaman 18

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *