Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Support us through SGPC’s Trakteer and get early access and exclusive content.

Apartemen Kemang (Pudjiadi Prestige)

Apartemen Kemang adalah apartemen sewa yang dikembangkan dan dikelola oleh PT Pudjiadi Prestige yang berlokasi di dalam kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Gedung ini dirancang oleh tim arsitek Perentjana Djaja, dan dibangun oleh PT Levelindo Pitaperkasa mulai Juli 1991 hingga Juli tahun 1992 (12 bulan), namun baru diresmikan 7 bulan kemudian oleh Menteri Perumahan Rakyat, Siswono Yudhohusodo (4 Februari 1993). Apartemen tersebut adalah yang keempat yang dikembangkan Pudjiadi Prestige setelah Apartemen Jayakarta, yang menurut mereka didirikan 10 tahun sebelum duo Kemang-Prapanca dibangun, California Regency dan Apartemen Senopati.

Apartemen Kemang
Foto oleh Google Street View

Seperti halnya kembar jauhnya, Apartemen Prapanca, pembangunannya terjadi ditengah uang ketat, namun pengembang kedua apartemen ini bisa mendapatkan kucuran dana dari bank berkat tingginya prospektifnya pasar apartemen bagi ekspatriat.

Secara arsitektur, eksterior apartemen berlantai lima ini memang tidak begitu menjanjikan mata selain elemen logo Pudjiadi Prestige di atap balkon. Di dalam, anda bisa menemukan atrium seperti halnya di Prapanca. Sementara struktur berupa pondasi rakit dan struktur atas flat slab.

Apartemen yang beralamat di Jalan Bangka Raya No. 7 Mampang Prapatan, Jakarta Selatan memiliki 37 unit apartemen dengan empat tipe unit, dari 1 kamar tidur (72 m2, 8 unit), 2 kamar tidur (123 m2, 17 unit), 3 kamar tidur (156 m2, 9 unit) sampai griya tawang (penthouse, 245 m2, 2 unit). Tidak diketahui detil unit ke-37. Menariknya, apartemen Kemang menempatkan beberapa fasilitas umumnya (kolam renang) di lantai atap.


Iklan

Data dan fakta

AlamatJalan Bangka Raya No. 7 Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jakarta
ArsitekPerentjana Djaja
PemborongLevelindo Pitaperkasa
Lama pembangunanJuli 1991 – Juli 1992
Diresmikan4 Februari 1993
Jumlah lantai5 lantai
Jumlah unit37
Referensi: Majalah Konstruksi #173 September 1992

Referensi

  1. Dwi Ratih; Saptiwi Djati Retnowati (1992). “Apartemen Kemang dan Prapanca: Memenuhi Kebutuhan Pasar”. Majalah Konstruksi No. 173, September 1992, hal. 44-48
  2. Rian Sudiarto (1991). “Antara Kemang dan Prapanca”. Warta Ekonomi, 14 Oktober 1991, hal. 34
  3. Iklan Pudjiadi Prestige. KOMPAS, 4 Februari 1993

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *