Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Support us through SGPC’s Trakteer and get early access and exclusive content.

Ini adalah Lina Building, tetangga kantor pajak Setiabudi I dan Graha Arda di kawasan Jalan H.R. Rasuna Said, Jakarta Selatan. Ia berlantai lima dengan 1 basemen, luas lantai 10 ribu meter persegi dan setinggi 21 meter dengan gaya arsitektrur modern, sama dengan gedung-gedung lainnya di kawasan H.R. Rasuna Said pada tahun 1980an.

Menghabiskan biaya 300 juta rupiah, Lina Building dirancang oleh Ir. Nurrochman Siddharta bersama dengan tim arsitek Atelier 6 dengan langgam modern dan dibangun oleh Pembangunan Jaya (sekarang Jaya Konstruksi) mulai tahun 1980 dan selesai dibangun pada tahun 1982. Lina Building adalah kantor pusar dari SAC Nusantara sejak 1982 hingga saat ini sekaligus berfungsi sebagai gedung perkantoran sewa.

Gedung Lina
Ummmm…… iya in aja deh. Foto oleh DBG

Data dan fakta

Nama lamaSacna Graha
AlamatJalan H.R. Rasuna Said Kav. B7 Setiabudi, Jakarta Selatan, Jakarta
ArsitekIr. Nurrochman Siddharta (Atelier 6)
PemborongJaya Konstruksi
Lama pembangunan1980 – 1982
Jumlah lantai5 lantai
1 basement
Tinggi gedung (atap)21,1 meter
Biaya pembangunanRp. 300 juta (1982)
Rp. 7 milyar (inflasi 2020)
Referensi: Ikatan Arsitek Indonesia 1984

Referensi

  1. Ikatan Arsitek Indonesia (1984). “Buku Ke-2 Karya Arsitektur Arsitek Indonesia.” Jakarta: Ikatan Arsitek Indonesia. Halaman 54-55.
  2. Web resmi PT SAC Nusantara, diakses 4 Mei 2020 (arsip)

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *