Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Dealer mobil Volkswagen di Jalan Angkasa No. 18, Kemayoran, Jakarta Pusat ini merupakan bangunan kecil berlantai 4 yang menjadi obyek pembahasan arsitektural di Indonesia saat selesai dibangun pada tahun 1979. Awalnya merupakan kantor pusat dari perusahaan perlengkapan perkantoran dan alat tulis Datascrip, dealer Volkswagen Kemayoran dirancang oleh tim arsitek Atelier 6.

Volkswagen Kemayoran d/h Gedung Datascrip
Penampilan lama. Foto oleh Atelier 6/IAI
Iklan Gedung Datascrip 1998
Iklan Gedung Datascrip, Juni 1998 (nomor telepon dan e-mail dihapus)
Sumber: Majalah SWA, 11 Juni 1998

Rancangan arsitekturalnya mengacu pada form follow function. Dengan keberadaan Bandara Kemayoran yang 6 tahun kedepannya ditutup Pemerintah, para perancang harus memutar otak memastikan agar kebutuhan Datascrip terpenuhi dengan lahan apa adanya. Pada akhirnya perancang dari Atelier 6 dan RBW Consulting Engineers memberikan lantai mezanin dan konstruksi vierendeel di plafon lantai 1, yang saat itu adalah ruang pamer fotokopi Datascrip, untuk melegakan ruang tersebut. Sayangnya, ruang tersebut kini direnovasi dan bagian vierendeelnya ditutup.

Volkswagen Kemayoran pernah mendapatkan penilaian positif dalam perancangannya: pada 11 Oktober 1980, dalam Kongres IAI perdana di Balai Kota Jakarta, Gedung Datascrip tampil sebagai salah satu dari enam karya bangunan terbaik rancangan arsitek Indonesia bersama dengan Arkonin (Walikota Jakarta Pusat), Perentjana Djaja (Gedung Pede), Gubah Laras (Pusat Grafika Indonesia), Encona Engineering (PPM Manajemen) dan Han Awal & Partners (Unika Atmajaya Gedung I.J. Kasimo). Pembangunan Gedung Datascrip menghabiskan biaya pembangunan sebanyak 260 juta rupiah.

Setelah Datascrip pindah ke gedung barunya di Jalan Selaparang Blok B15 Kav. 9, utara gedung lama di Jalan Angkasa No. 18, gedung lama Datascrip dijual kepada khalayak banyak (lihat iklan). Sejak tahun 2013-an, Volkswagen Indonesia menggubah mayoritas elemen arsitektural bekas Gedung Datascrip, dan diresmikan pemakaiannya sebagai diler dan bengkel resmi Volkswagen pada 6 Desember 2013.


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaGedung Datascrip
AlamatJalan Angkasa No. 18 Kemayoran, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekIr. Nurrochman Siddharta (Atelier 6)
PemborongCaputra Mitra Sejati
Selesai dibangun1979
Jumlah lantai3 lantai
1 mezzanin
Biaya pembangunanRp 260 juta (1979)
Rp 9,4 milyar (inflasi 2020)
SignifikasiArsitektur (pemenang penghargaan IAI untuk bangunan terbaik Indonesia 1980)
Referensi: Ikatan Arsitek Indonesia 1983

Referensi

  1. Ikatan Arsitek Indonesia (1983). “Buku Ke-1 Karya Arsitektur Arsitek Indonesia.” Jakarta: Ikatan Arsitek Indonesia. Halaman 41-42.
  2. “Enam biro Arsitek dapat penghargaan”. Majalah Konstruksi, Oktober 1980. Hal. 90-92.
  3. Stephen Langitan (2013). “Grand Opening Dealer VW Kemayoran”. Web Stephen Langitan, 7 Desember 2013. Diakses 20 Juni 2020. (arsip)
  4. Majalah SWA No. 12/XIV, 11 Juni 1998, hal. 81 (iklan)

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *