Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Gedung sederhana berlantai 8 ini merupakan kantor pusat asuransi kecelakaan milik negara Jasa Raharja sejak 1986. Gedung Jasa Raharja, begitu nama lain dari gedung ini, adalah karya dari Ir. H. Eddy Kuntadi IAI dari firma lokal Daksa Megah. Gedung baru Jasa Raharja, menurut pihak Jasa Raharja sendiri, dibangun karena alasan klasik yaitu kondisi kantor pusat lama di Jalan Kali Besar Timur No. 10 yang sudah tidak mampu menampung kegiatan perusahaan yang lebih besar.

Pembangunan gedung yang berlokasi di Jalan H.R. Rasuna Said Kav. C2 (tetangga Gedung KPK dan Mega Plaza) dilaksanakan oleh PT Adhi Karya, mulai 23 November 1984 hingga selesai sekitar November 1985 – lama pembangunannya disebutkan berlangsung selama 12 bulan. Menteri Keuangan Radius Prawiro meresmikan penggunaan Kantor Pusat Jasa Raharja pada tanggal 8 Februari 1986. Dalam sambutannya, Radius mengangkat isu efisiensi manajemen perusahaan milik negara.

Kantor Pusat Jasa Raharja
Salah satu pionir pascamodernisme. Foto oleh mimin SGPC

Secara arsitektur, kantor pusat Jasa Raharja memang cukup menonjol di lingkungan Jalan H.R. Rasuna Said karena aksen kolomnya yang sangat terlihat dibanding gedung lainnya, menghasilkan nuansa klasik pada bangunan. Tak hanya itu, kolom gedung melambangkan Asuransi Jasa Raharja dalam menopang segala penanggungan, terutama dalam kecelakaan lalu lintas. Finishing bangunan menggunakan kaca riben dan lapis luarnya dicat. Wartawati majalah Femina, Erlita Rachman, dalam artikelnya mengenai arsitektur Jalan Rasuna Said, menyebut gaya arsitektur gedung ini “aneh”.

Struktur bangunan yang digunakan adalah pondasi tiang bor dengan rata-rata kedalaman 10 meter, dan struktur atas beton bertulang dengan portal kaku dengan dinding geser pada tangga dan core bangunan. Gedung Kantor Pusat Jasa Raharja memiliki luas lantai 9.000 m2 yang digunakan sepenuhnya oleh Asuransi Jasa Raharja. Kira-kira Rp. 4,6 milyar dianggarkan untuk membangun gedung yang arsitekturnya bergaya pascamodern ini.

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1980an dapat anda baca di artikel ini


Iklan

Data dan fakta

AlamatJalan H.R. Rasuna Said Kav. C2 Setiabudi, Jakarta Selatan, Jakarta
ArsitekIr. H. Eddy Kuntadi (Daksa Megah)
PemborongAdhi Karya
Lama pembangunanNovember 1984 – November 1985
Diresmikan8 Februari 1986
Jumlah lantai8 lantai
Biaya pembangunanRp. 4,686 milyar (1986)
Rp. 82,1 milyar (inflasi 2023)
Referensi: Majalah Konstruksi Maret 1986; Ikatan Arsitek Indonesia 1997; Berita Yudha 10/2/1986

Referensi

  1. NN (1986). “Gedung Kantor Jasa Raharja: Menampilkan perpaduan bentuk klasik dan modern”. Majalah Konstruksi, Maret 1986.
  2. Ikatan Arsitek Indonesia (1997). “Karya Arsitektur: Arsitek di Indonesia”. Jakarta: Ikatan Arsitek Indonesia. Tanpa nomor ISBN.
  3. Erlita Rachman (1994). “‘Koridor’ Rasuna Said, Jalur Wisata Arsitektur di Jakarta.” Femina No. 25/XXII, 30 Juni 1994, hal. 103-106
  4. ANTARA (1986). “Setiap BUMN supaya melakukan tertib administrasi.” Berita Yudha, 10 Februari 1986, hal. 6

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *