Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Support us through SGPC’s Trakteer and get early access and exclusive content.

Apartemen Puncak Marina, atau sebelumnya bernama Fountain Court, adalah sepasang apartemen tinggi yang berdiri di dalam kompleks perumahan Margorejo Indah di Surabaya yang sudah ada sejak pertengahan 1970an (kemungkinan 1976) karya pengembang PT Trijaya Kartika.

Apartemen dengan 2 blok dengan 18 lantai rancangan CDG International dan firma lokal Prada Cipta Areco ini dibangun oleh Jaya Konstruksi mulai Mei 1994 dan selesai dibangun awal 1996, dengan unit-unitnya diserahkan per 20 Februari 1996. Apartemen ini adalah satu dari beberapa hunian bertingkat yang dibangun di Surabaya pada pertengahan 1990an (selengkapnya bisa lihat Java Paragon, Kondominium Graha Famili, Puri Matahari, Novotel Surabaya, Verwood dan Royal Residence Tunjungan Plaza).

Apartemen Puncak Marina
Difoto dari rumah penduduk. Menonjol. Foto oleh mimin SGPC

Iklan

Sementara pemasarannya sendiri dimulai pada bulan Mei 1994 untuk tower pertama. Tower keduanya diluncurkan untuk mengantisipasi ramainya pembeli. Hal tersebut tercapai berkat harga yang ditawarkan lebih murah dari apartemen sejenis di Surabaya kala itu, yaitu maksimal 2,3 juta rupiah per meter persegi (1996, setara Rp 18 juta nilai 2023). Sasaran pasar saat itu diarahkan ke para ekspatriat yang bekerja di pabrik-pabrik SIER, dan investor yang ingin menyewakan apartemennya.

Apartemen Puncak Marina juga terhubung dengan Plaza Marina, salah satu pusat perbelanjaan gadget dan makanan/minuman yang berlokasi langsung di selatan mall ini. Sebelum dibangun, Plaza Marina adalah pusat olahraga Margorejo.

Apartemen Puncak Marina memiliki 232 unit apartemen yang dipecah ke empat jenis; satu kamar tidur (85 m2), dua kamar tidur (94 dan 96 m2), tiga kamar tidur (105 m2) dan penthouse (1 dan 2 lantai). Setiap tower tergabung ke sebuah gedung berlantai 3, yang berfungsi sebagai fasilitas parkir tenant dan tamu. Per November 1995, 70 persen dari 232 unit apartemen telah laku, dan saat ini sebagian dari unit apartemennya bisa disewakan.

Secara arsitektural, apartemen Puncak Marina dibuat sesederhana mungkin, untuk memastikan bahwa nilai jual apartemen ini bisa bersaing. Tembok kebanyakan dicat dibanding berlapis granit. Sebelumnya, apartemen Puncak Marina dirancang bernuansa sedikit lebih mediteranian, dengan paduan cat warna merah, krem dan cokleat, sebelum dicat ulang menjadi hitam dan putih. Struktur Apartemen Puncak Marina tergolong sederhana, pondasi tiang pancang sedalam 36 meter, struktur utama konstruksi beton bertulang dengan rangka terbuka dan tembok geser.

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1990an dapat anda baca di artikel ini


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaFountain Court Condominium
AlamatJalan Margorejo Indah XVII No. 2-4 Wonocolo, Surabaya, Jawa Timur
ArsitekCadiz Design Group (desain)
Prada Cipta Areco (architect of record)
PemborongJaya Konstruksi
Lama pembangunanMei 1994 – Februari 1996
Jumlah lantai
(kedua menara)
18 lantai
Jumlah unit232
Biaya pembangunanRp. 50 milyar (1996)
Rp. 390 milyar (inflasi 2023)
Referensi: Majalah Konstruksi #220 Februari 1996

Referensi

  1. Dwi Ratih (1996). “Kondominium Puncak Marina: Memiliki View dan Sinar Matahari yang Maksimal”. Majalah Konstruksi No. 220, Februari 1996.
  2. skt (1994). “Giliran Tower II Fountain Dijual”. Jawa Pos, 6 Mei 1994.
  3. Web resmi Puncak Marina. (arsip)
  4. ras (1994). “Fountain Court Hadir di Margorejo Indah.” Jawa Pos, 30 April 1994, hal. 5
  5. nov (1995). “Februari, Puncak Marina Diserahkan.” Jawa Pos, 30 November 1995, hal. 5

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *