Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Gedung BNI cabang Kramat Raya berlantai 6 dan memiliki luas lantai 5300 meter persegi ini juga sebenarnya bukan bagian dari blog Setiap Gedung Punya Cerita (seperti Bank Permata Hayam Wuruk) karena signifikasi gedungnya tidak begitu kuat dibanding gedung yang satu legiun seperti Plaza Indonesia atau Nugra Santana. Namun, karena blog ini mendapat Majalah Konstruksi seperti apa yang dicetak di majalahnya, jadi SGPC perlu menulis blog ini sebagai gedung berstatus Generasi Dilan, bersama sumber tambahan yang sudah dahulu ada: foto iklan di harian KOMPAS.

BNI Kramat Raya
Foto oleh mimin SGPC

Sejarah dari pembangunan gedung ini memang terkait dengan perkembangan Bank Negara Indonesia 1946, khususnya di Cabang Kramat Raya. BNI Kramat Raya awalnya berkantor di gedung CTC sejak Juli 1956, yang kondisinya semakin memprihatinkan. Karena kebutuhan ruang kantor yang semakin mendesak, maka wajar BNI memilih membangun gedung baru milik sendiri. Di pojokan Jalan Raden Saleh Raya dan Kramat Raya inilah dipilih sebagai lahan kantor baru BNI Kramat Raya. Rancangan dimulai sejak 1985, namun pelaksanaan konstruksi baru dimulai dari akhir 1988 hingga selesai dibangun sekitar 1990. Baru pada 25 Juni 1990, BNI Cabang Kramat Raya akhirnya bisa menempati gedung barunya yang masih mengusung gaya Internasional ini.

Secara desain, tidak ada yang begitu spesial, mengingat bahasa desainnya dipengaruhi oleh bahasa desain kantor pusat BNI di Jalan Jenderal Sudirman. Misal desain bidang miring dan dua bagian lengkung di bagian utara dan selatan yang wajib ada pada setiap gedung BNI di daerah[mfn]Tidak semua gedung menerapkan bahasa desain tersebut. Kanwil BNI di Renon, Denpasar, yang dibangun pada tahun 1994, hanya menerapkan dua pilar di kanopinya.[/mfn]. Pilar tersebut menyimbolkan BNI sebagai bank BUMN dan BNI sebagai bank yang bersifat bank komersial.

Finishing pada gedung BNI Kramat Raya adalah cladding logam berwarna putih dengan kaca berwarna hitam. Interior, terutama lantai satu, memakai lantai marmer dan granit, namun untuk keadaan terkini, seperti beberapa kancab utama BNI lainnya di Indonesia, sudah dilapisi lapis kayu dan cladding warna abu-biru-jingga khas BNI 1946 sekarang. Secara mekanik dan elektronik, gedung ini juga dilengkapi oleh fungsi bangunan pintar di masanya, mirip dengan Kantor Pusat BNI yang menjadi kiblatnya.

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1990an dapat anda baca di artikel ini


Iklan

Data dan fakta

AlamatJalan Kramat Raya No. 154-156 Senen, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekPerentjana Djaja
PemborongPrasarana Marga
Lama pembangunan1988 – Juni 1990
Dibuka25 Juni 1990
Jumlah lantai6 lantai
Referensi: Majalah Konstruksi #151 November 1990

Referensi

  1. Vera Trisnawati (1990). “Bank BNI Cabang Kramat: Gunakan Sistem Otomasi”. Majalah Konstruksi No. 151, November 1990.
  2. KOMPAS, 2 Juli 1990 (iklan Bank BNI Kramat Raya)
  3. Koresponden Merdeka Jakarta (1956). “Peletakan Batu Pertama Gedung BNI”. Merdeka, 6 Juli 1956, hal. 2

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *