Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Support us through SGPC’s Trakteer and get early access and exclusive content.

Wisma Nugra Santana adalah gedung tinggi yang dikelola oleh Grup Nugra Santana, berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Gedung tersebut awalnya bernama Gedung Bank Pacific dan selesai dibangun sekitar akhir tahun 1989 dengan Shimizu Corporation sebagai kontraktornya (Shimizu Corporation dan Dextam mengatakan konstruksi selesai 1990; ada kemungkinan beberapa bangunan penunjang Wisma Nugra Santana belum selesai digarap saat Bank Pacific mulai berkantor di gedung ini).

Wisma Nugra Santana
Pionir pascamodernisme. Foto mimin SGPC

Di masa jayanya, gedung ini ditempati oleh afiliasi Grup Nugra Santana, yaitu Bank Pacific sebagai kantor pusat dan cabang utamanya sejak Desember 1989; tepatnya pada tanggal 19 Desember 1989 operasionalnya diresmikan. Bank Pacific dibubarkan akibat krisis moneter 1998.

Tetangga Menara Astra, Apartemen Anandamaya dan Midplaza itu dirancang oleh tim arsitek dari Atelier 6 untuk eksteriornya dan Grahacipta Hadiprana untuk interiornya. Wisma Nugra Santana dirancang bergaya pascamodern; kritikus dari majalah Architrave menyebut gedung berlantai 19 itu sebagai contoh “arsitektur kosmetika” yang positif baik dari segi eksteriornya yang berundak dan berpola hingga interiornya yang mewah di masanya.

Wisma Nugra Santana memiliki 19 lantai dengan luas total mencapai 23.600 m2. Sejak 2014, nasib gedung ini mulai menggantung karena di lahan gedung ini berdiri akan dibangun gedung milik Grup Karya Cipta bernama 7Point8 dengan ketinggian dikabarkan mencapai 298 meter; namun hingga saat ini hanya ekstensinya yang berlantai 25 yang selesai dibangun sementara Nugra Santana, yang sedianya akan dibongkar demi gedung menjulang tinggi itu, masih beroperasi dan menyewakan ruang kantor untuk pelbagai perusahaan.

Iklan ucapan selamat kantor pusat baru Bank Pacific, yang muncul selama beberapa hari di pertengahan Desember 1989. Suara Pembaruan, 13 Desember 1989

Iklan

Data dan fakta

Nama lamaGedung Bank Pacific
AlamatJalan Jenderal Sudirman Kav. 7-8 Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekAtelier 6
PemborongShimizu Dextam
Selesai dibangunDesember 1989
Jumlah lantai19 lantai
Referensi: Images Australia; Shimizu Indonesia

Referensi

  1. “Architects of Asia”. Mulgrave, Australia: Images Australia. Halaman 44-45.
  2. Laman resmi Shimizu Indonesia, diakses 17 November 2021 (arsip)
  3. Sri Wresti Avianti (1990). “Interior: Banking Hall Bank Pacific.” Majalah Architrave No. 5, November 1990, hal. 51-56
  4. Baso Amir; Didi Jamaludin; Safaruddin Husada et al. (1993). “Masa Depan Bisnis Keluarga Ibnu Sutowo.” Majalah SWAsembada No. 5/IX, Agustus 1993, hal. 24-30. Kutipan di halaman 26-28
  5. Profil gedung di Newman Pearsons, diakses 17 November 2021 (arsip)
  6. Hilda B. Alexander (2014). “Jakarta Tambah Koleksi Pencakar Langit Setinggi 298 Meter.” KOMPAScom, 4 Juli 2014. Diakses 17 November 2021 (arsip)
  7. “Kantor Pusat Bank Pasifik Diresmikan.” Harian Ekonomi “Neraca,” 20 Desember 1989, hal. 4

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *