Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Support us through SGPC’s Trakteer and get early access and exclusive content.

Apartemen mewah yang berlokasi di samping Kali Krukut, Jakarta Selatan ini, adalah Kondominium Kintamani. Apartemen tersebut dibangun oleh Dharmala Intiland (sekarang hanya disebut Intiland) ditengah merosotnya kebutuhan apartemen mewah di Indonesia di akhir dekade Dilan.

Kondominium Kintamani
Dilihat dari Jalan layang Antasari. Foto oleh mimin SGPC

Sebagai salah satu dari tiga apartemen terawal yang dikembangkan Intiland di Jakarta (bersama dengan Apartemen Menteng Prada dan Pantai Mutiara), apartemen yang terdiri dari 4 menara berlantai 17 itu diluncurkan kepada khalayak banyak pada bulan Oktober 1995 dan mulai dibangun per akhir 1995, dan selesai pembangunannya pada bulan September 1998, dengan selesainya blok C dan D (berdasarkan jadwal, bila tepat waktu. Blok A dan B selesai dibangun setelah April 1998). Kontraktor utama pembangunan apartemen ini adalah PP Taisei.

Desain arsitektur Kondominium Kintamani dirancang oleh Jatimmakmur Ekabuana, biro arsitek milik Dharmala Intiland saat itu. Arsitekturnya mengadopsi ciri khas gaya Bali, lengkap dengan pemakaian ukiran di bagian atas bangunan, genteng berwarna jingga dan penataan lanskap yang sengaja memberikan suasana asri khas Bali. Secara properti, Kondominium Kintamani memiliki 268 unit apartemen yang terbagi ke dalam empat kategori dari 1, 2, 3 sampai 4 kamar tidur.

Proyek Kondominium Kintamani menghabiskan biaya sebanyak 79,2 milyar rupiah nilai 1998. Kondominium Kintamani menjadi satu dari sedikit gedung yang rampung dibangun saat krisis moneter menghantam Indonesia, dan saat ini sudah dimiliki oleh perhimpunan penghuni rumah susun. Pada tahun 2003, dibawah kendali Dharmala Intiland, Kondominium Kintamani dinobatkan sebagai rumah susun dengan pengelolaan terbaik oleh Dinas Pemukiman DKI Jakarta.


Iklan

Data dan fakta

AlamatJalan Prapanca Raya Blok P Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jakarta
Jumlah menara4
ArsitekJatimmakmur Ekabuana
PemborongPP Taisei
Lama pembangunan (A dan B)1996 – April 1998
Lama pembangunan (C dan D)1996 – September 1998
Jumlah lantai (keseluruhan menara)16 lantai
1 basement
Jumlah unit268
Biaya pembangunanRp. 79,2 milyar (1998)
Rp. 520,8 milyar (inflasi 2021)
Referensi: Majalah Konstruksi #270 April 1998

Referensi

  1. Saptiwi Djati Retnowati (1998). “Kondominium Kintamani, Dilengkapi dengan fasilitas BAS”. Majalah Konstruksi No. 270, April 1998, hal. 49-52
  2. Halaman resmi Dharmala Intiland (info penganugerahan Rumah Susun Dengan Pengelolaan Terbaik Se-Jakarta 2003), diarsip 3 Juni 2004
  3. Halaman resmi Dharmala Intiland (portfolio apartemen termasuk Apartemen Kintamani), diarsip 30 Mei 1997
  4. Halaman resmi Dharmala Intiland (profil apartemen Kondominium Kintamani), diarsip 14 April 2004
  5. Annual Report Intiland 2017, diakses 9 Januari 2021 (arsip)

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *