Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Support us through SGPC’s Trakteer and get early access and exclusive content.

Gedung Bank Buana Indonesia, atau sekarang bernama Gedung Bank UOB Harmoni, adalah gedung berlantai delapan yang berdiri di persimpangan Harmoni, Jakarta Pusat. Ia dibangun di atas lahan seluas 900 meter persegi dekat apartemen Istana Harmoni dan Gedung Bank Tabungan Negara. Dirancang dengan gaya modern oleh tim arsitek dari Bimaseta Cipta Optimal, gedung ini dibangun oleh pemborong Total Bangun Persada mulai Maret 1986 dan selesai dibangun Juni 1987.

UOB Buana Harmoni
Foto oleh mimin SGPC

Gedung Bank UOB Harmoni dirancang dengan hanya memastikan desainnya sesuai dengan daerah sekitar, dan tidak memiliki pembuka jendela di sisi jalan Majapahit dan Veteran untuk alasan keamanan dan keselamatan di Ring 1. Eksterior gedung yang awalnya merupakan lapis keramik berwarna putih, sekarang dilapisi oleh lapis komposit warna hijau. Secara struktur, Gedung UOB Harmoni hanya menggunakan pondasi tiang bor dan rangka open frame (rangka terbuka), dengan dinding geser di bagian brankas dan tangga, dan balok lantai pratekan post-tension.

Gedung Bank UOB Harmoni diresmikan pemakaiannya sebagai kantor pusat Bank Buana Indonesia pada tanggal 11 Januari 1988. Dengan pengambilalihan Bank Buana Indonesia oleh United Overseas Bank dari Singapura per 2007 setelah International Finance Corporation melepas sahamnya, gedung ini sementara menjadi kantor pusat Bank UOB Buana sebelum pindah ke kantor barunya di Jalan M.H. Thamrin, dan UOB Buana menjadi kantor cabang. Sejak UOB merelokasi cabangnya dari kawasan Harmoni ke Jalan Ir. H. Juanda pada 2017, gedung ini kini tak berpenghuni.

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1980an dapat anda baca di artikel ini


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaGedung Bank Buana Indonesia
AlamatJalan Gajah Mada No. 1A Gambir, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekBimaseta Cipta Optimal
PemborongTotal Bangun Persada
Lama pembangunanMaret 1986 – Juni 1987
Diresmikan11 Januari 1988
Jumlah lantai8 lantai
Referensi: Majalah Konstruksi #118 Februari 1988

Referensi

  1. V-Z (1988). “Gedung Bank Buana Indonesia, Bangunannya sederhana namun mengesankan”. Majalah Konstruksi No. 118, Februari 1988.
  2. Web resmi UOB Indonesia.

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *