Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Gedung Galeon Plaza, sebelumnya bernama Indosurya Plaza, Indosurya Life Center dan Exim Melati, merupakan sebuah gedung berlantai 12 yang kini merupakan bagian dari kawasan kantor Thamrin Nine yang terdiri dari empat gedung kantor dan sebuah apartemen (Thamrin 9 Mansion).

Exim Melati
Foto oleh mimin SGPC

Ia dirancang oleh tim arsitek dari Arkonin dan dibangun oleh pemborong swasta Duta Graha Indah mulai Oktober 1990 dan diperkirakan selesai dibangun sekitar 1992; hal ini diindikasikan lewat iklan Yasonta, eks tenant dari kawasan Glodok Plaza, yang mengumumkan pindah alamat ke gedung ini sejak 1 Agustus 1992, menjadikannya gedung tertua di kawasan Thamrin 9 – jauh sebelum kompleks itu diperkenalkan. Tidak ada data pasti kapan Yasonta/Sharp Indonesia meninggalkan gedung ini. Gedung ini pernah ditempati Bank Mandiri sebagai penerus BankExim hingga Indosurya mengambilalih gedung ini.


Iklan

Galeon Plaza pada awalnya menggunakan lapis kaca berwarna emas dan granit; karena direnovasi pada 2010 lalu, gedung tersebut kini berlapis biru tulen bergaya “Uno Stacko” secara horisontal, mengikuti tetangganya yaitu UOB Plaza, serta komposit abu kehitaman di sisi kiri dan kanan. Dan terdapat jembatan penghubung dengan adiknya yang jangkung itu.

Galeon Plaza saat ini memiliki 13 lantai dan 1 basement, dan luas lantai sebelum renovasi 7.780 meter persegi. Asumsi penulis, gedung saat ini memiliki luas lantai kasar 8.400 meter persegi. Saat ini, Indosurya Life Centre diisi oleh Asuransi Jiwa Indosurya, dealer mobil BMW (sebelumnya ditempati Mazda), dan capem Bank Permata dan Bank Panin.

Indosurya Plaza
Gedung Exim Melati, sebelum renovasi. Foto oleh mimin SGPC

Data dan fakta

Nama lamaExim Melati
Indosurya Plaza
Indosurya Life Center
AlamatJalan M.H. Thamrin No. 8-9 Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekArkonin
PemborongDuta Graha Indah
Lama pembangunanOktober 1990 – 1992
Jumlah lantai14 lantai
1 basement
Referensi: Majalah Konstruksi #155 Maret 1991

Referensi

  1. Saptiwi Djati Retnowati (1991). “Info Proyek: Bank Exim”. Majalah Konstruksi No. 155, Maret 1991
  2. Iklan pemberitahuan pindah alamat PT Yasonta. KOMPAS, 2 Agustus 1992

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *