Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Kantor Pusat Hutama Karya, atau dikenal dengan Gedung Hutama Karya atau Wisma Hutama Karya, terserah anda enaknya disebut apa, adalah sebuah gedung berlantai 5 yang dulu berdiri di Jalan M.T. Haryono dekat dengan Persimpangan Cawang, yang sesuai namanya dibangun dan ditempati oleh BUMN pemborongan Hutama Karya.

Gedung setinggi 24 meter tersebut dirancang oleh Encona Engineering (biro arsitek ini pada dasawarsa 70an dan 80an jago merancang bangunan brutalist seperti, saat gedung ini berdiri, PPM Manajemen dan GKN I Denpasar) dan Wiratman Wangsadinata berperan sebagai penasihat teknis bangunan. Perlu diingat, peran Wiratman di gedung ini tidak tercatat di buku biografi resmi Wiratman Wangsadinata rilisan Imelda Akmal.

Kantor Pusat Hutama Karya dari 1977-2016
Kokoh dan monumental, ciri khas brutalisme.
Sumber foto: Majalah Konstruksi, Desember 1980

Kantor pusat baru tersebut dibangun karena Hutama Karya harus meninggalkan kantor lamanya di Menteng yang dinyatakan merupakan daerah perumahan; selain itu, Pemerintah Pusat juga sudah menyediakan lahan untuk BUMN pemborongan di Cawang (baca Wika Tower untuk penjelasan lebih lanjut), sehingga Hutama diberikan alokasi lahan di sebelah Indra Karya dan Waskita Karya. Ditambah lokasinya yang hanya lima menit dari Bandara Halim Perdanakusuma (bandar udara internasional Jakarta saat itu) menjadikan Gedung Hutama Karya lama ini sangat strategis.

Kantor Pusat Hutama Karya, estimasi SGPC, selesai dibangun pada akhir 1977. Gedung bergaya brutalist ini dibangun dengan struktur beton bertulang pratekan dengan core. Belum jelas kapan Hutama Karya akhirnya melapisi gedungnya dengan komposit dan lis merah pada jendelanya.

Ajal bagi gedung lama Hutama Karya terjadi sekitar 2017 lalu setelah Hutama Karya dan Indra Karya, bekerjasama dengan anak real estate Hutama, HK Realtindo, mengembangkan HK Office Tower. Gedung berlantai 15 tersebut sudah selesai dibangun dan sudah digunakan Hutama Karya per Maret 2019.

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1950an hingga 1970an dapat anda baca di artikel ini


Iklan

Data dan fakta

AlamatJalan M.T. Haryono Kav. 8 Jatinegara, Jakarta Timur, Jakarta
ArsitekEncona Engineering
PemborongHutama Karya
Lama pembangunan1977
Dibongkar2017
Tinggi gedung24 meter
Jumlah lantai5 lantai
Referensi: Majalah Konstruksi November-Desember 1977

Referensi

  1. NN (1977). “Hutama Karya Sekarang Punya Gedung Berlantai Lima”. Majalah Konstruksi, November-Desember 1977.
  2. Anitana Widya Puspa (2017). “Hutama Karya Realtindo Bangun Proyek Perkantoran Senilai Rp300 Miliar“. Bisnis Indonesia, 10 April 2017. Diakses 7 Oktober 2019 (arsip)
  3. Yudis (2017). “HK Realtindo Bangun Perkantoran di Cawang“. Housing Estate, 11 April 2017.  Diakses 7 Oktober 2019 (arsip)
  4. Hutama Karya (2019). “Kantor Baru Hutama Karya Group di HK Tower Cawang Jakarta”. Koran BUMN, tanggal tidak diketahui. Diakses 7 Oktober 2019 (arsip)

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *