Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Graha Irama, atau Graha Indorama setelah penempat utama gedung ini, yaitu perusahaan petrokimia Indorama, adalah gedung perkantoran bergaya pascamodern yang dibangun di kawasan H.R. Rasuna Said, Jakarta. Gedung yang dimiliki oleh Perhimpunan Penghuni Graha Irama ini rancangan gedungnya dibuat oleh Cameron Chisholm & Nicol dari Perth, WA, Australia bersama dengan Airmas Asri. Sebelumnya nama gedung ini bernama Times Square sejak pertama dibangun mulai Februari 1993 hingga ganti nama seperti sekarang sejak akhir Oktober 1995.

Graha Irama & Aktiva
Graha Irama dengan logo Indorama lama. Foto oleh mimin SGPC

Iklan

Graha Irama dibangun oleh pemborong swasta Tata Mulia Nusantara mulai April 1993 dan diperkirakan selesai dibangun pada bulan September 1994. Secara struktur Graha Irama dibangun di atas pondasi bored pile sedalam 20 meter dengan struktur utama beton bertulang biasa dengan shear wall bebas kolom. Kulit luar dilapisi kaca berwarna kebiruan, dan lapis aluminium dan granit untuk 3 lantai terbawah.

Graha Irama dikenal merupakan salah satu pionir dari perkantoran berstatus strata. Pada awal 1993, ditengah banjir perkantoran di ibukota, Procon Indah selaku agen real estate perkantoran melakukan manuver berani dengan menjual murah gedung dengan luas lantai net 27 ribu meter persegi ini (gross 55.500 meter persegi) dengan tebusan 2.100 dolar AS/m persegi, di bawah harga yang dipatok rival sejenis, bahkan ditawarkan sampai 6 skema pembayaran, disebut sebagai balloon payment.

Majalah Prospek pernah mengkritik skema tersebut karena dianggap mengabaikan bunga dan fluktuasi nilai tukar rupiah ke dolar, terutama dengan malaise besar 1997-98, membuat pembayaran cicilan ruang kantor di Graha Irama ini mungkin saja macet kalau dibayar dengan nilai dolar AS. Gedung yang dikembangkan bersama oleh Grup Indorama dengan Grup Kalbe ini masih menjadi kantor pusat perusahaan petrokimia Indorama, bersama dengan beberapa perusahaan lain.

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1990an dapat anda baca di artikel ini

Data dan fakta

Nama lamaTimes Square
AlamatJalan H.R. Rasuna Said X1 Kav. 1-2 Setiabudi, Jakarta Selatan, Jakarta
ArsitekCameron Chisholm & Nicol (arsitek utama)
Airmas Asri (architect of record)
Ove Arup & Partners (struktur)
Perkasa Carista Estetika (struktur)
PemborongTata Mulia Nusantara Indah
Lama pembangunanApril 1993 – September 1994
Jumlah lantai17 lantai
3 basement
Biaya pembangunanUSD 60 juta (1993)
Rp 124 milyar (kurs 1993)
Rp 1,2 triliun (inflasi 2020)
Referensi: Majalah Konstruksi #180 April 1993

Referensi

  1. Retnowati, Saptiwi Djati (1993). “Info Proyek: Times Square”. Majalah Konstruksi No. 180, April 1993.
  2. Nukman Luthfie (1993). “Times Square: Menembus Celah Sempit”. Majalah Prospek, 27 Februari 1993.
  3. Suara Pembaruan, 23 Oktober 1995 (iklan)

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, dan bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *