Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Selanjutnya di SGPC adalah sebuah gedung kampus. Gedung yang seharusnya menarik perhatian kalangan arsitek karena langgam arsitekturnya menganut paham brutalisme yang kurang pasaran di Tanah Air, namun entah kenapa gedung ini juga kurang mendapat perhatian dari insan, walau sempat menerima penghargaan di tahun 1980. SGPC bahas di bagian lain. Ini adalah Gedung Bina Manajemen yang merupakan bagian dari kampus PPM Manajemen, perguruan tinggi swasta yang bergerak di bidang manajemen dan kewirausahaan yang sudah berusia senior.

Terdapat empat bangunan yang ada di kampus PPM Manajemen di Jalan Menteng Raya No. 9, Gedung A, Gedung B dan dua gedung dari zaman kolonial Belanda. Yang zaman kolonial tidak kami bahas, karena mereka bukan urusan blog ini.

PPM Bina Manajemen
Foto oleh mimin SGPC

Iklan

Gedung A, Gedung Bina Manajemen pertama

Gedung LPPM Manajemen
Sebenarnya gedung ini menarik didalami.
Januari 2023. Foto oleh mimin SGPC
Gedung PPM Bina Manajemen 1992 Jakarta 1990an
Gedung Bina Manajemen pra-renovasi, awal 1992. Foto: Sudibyo/Majalah Prospek, 13 Juni 1992

Sejarah gedung ini dimulai sejak 1969, tepatnya tanggal 9 September, saat Yayasan Pembinaan & Pendidikan Manajemen (YPPM) meneken kerjasama pendanaan dengan Kedutaan Besar Belanda di kampus darurat LPPM di Blok M, sehingga pendanaannya dilaksanakan oleh Pemerintah Belanda melalui Nederlandse Organisatie voor Internationale Samenwerking (Organisasi Kerjasama Internasional Belanda), organisasi yang juga membantu terwujudnya Panti Trisula Perwari. Tidak hanya Samenwerking, para uskup dari Jerman dan organisasi Oikoumene Internasional – The World Council of Churches – juga mengguyur YPPM dengan duit untuk membangun gedung bergaya brutalist itu.

Tidak jelas kapan peletakan batu pertama Gedung Bina Management, nama lama gedung ini, terlaksana, yang pasti gedung berlantai empat ini selesai dibangun pada tahun 1972; tepatnya pada tanggal 1 Juni 1972 LPPM mulai mengadakan kegiatan perkuliahannya di gedung di Jalan Meteng Raya No. 9 ini. Bersamaan dengan operasional resmi Yayasan Pembinaan & Pendidikan Manajemen, gedung ini diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX – dalam kapasitas Wakil Presiden Republik Indonesia – pada 6 September 1973.

Gedung berlantai empat ini dirancang oleh Ary Mochtar Pedju bersama timnya dari Encona Engineering, dan sayangnya SGPC tidak bisa mengidentifikasi pemborong gedung ini. Desain bergaya brutalist ini disebut yang pertama diterapkan di Indonesia, menurut pemberitaan Sinar Harapan (6/9/1973) – dan yang pertama dari beberapa bangunan brutalist Encona, yang dilanjutkan ke kantor Hutama Karya, GKN Denpasar, Gedung Chairul Saleh maupun kantor Sekretariat Negara.

Pada tembok eksterior, terdapat rongga-rongga, yang diakibatkan oleh pemakaian baut untuk memasang triplek yang digunakan untuk cetakan beton, menurut Pedju. Dipilihnya beton telanjang alias bebas cat, konon demi menghemat biaya perawatan lapisan luar, dan di interior gedung ini bisa disetel posisi temboknya mengikuti rencana kampus ke depan. Sayangnya, beton telanjang itu sudah tak lagi telanjang karena dicat warna putih dan abu.

Gedung B yang tinggi, pendek kata.

PPM Bina Manajemen
Foto oleh mimin SGPC

Tinggi, tetapi data yang tersedia sangat minim.

Gedung berlantai 9 ini dibangun dari tahun 2009 hingga 2011, menurut data citra Google Earth, dan kemungkinan merupakan perluasan dari gedung A mengingat pesatnya perkembangan dunia manajerial di Tanah Air.


Iklan

Data dan fakta (hanya Gedung A)

Nama lamaGedung Bina Management
AlamatJalan Menteng Raya No. 9 Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekIr. Ary Mochtar Pedju (Encona Engineering)
Selesai dibangunJuni 1972
Diresmikan6 September 1973
Jumlah lantai4 lantai
Referensi: Sinar Harapan 6/9/1973; CV Ary Mochtar P.

Referensi

  1. Halaman resmi PPM Manajemen, diakses 4 Februari 2023 (arsip)
  2. asp (1973). “Wakil Presiden Meresmikan Gedung Bina Management.” Sinar Harapan, 6 September 1973, hal. 1
  3. “Gedung Bina Management Diresmikan: LPPM Didik Manager2 Umum.” Sinar Harapan, 6 September 1973, hal. 5, 8
  4. jm (1973). “Yayasan Lembaga Pendidikan & Pembinaan Management Diresmikan” KOMPAS, 7 September 1973, hal. 2
  5. Curricullum vitae Ary Mochtar Pedju per 1975 dalam proposal perumahan murah Perumnas Jawa Tengah-DIY, Perumnas 1975. Diakses via Kementerian PUPR pada 1 Januari 2023 (arsip)

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Atau, bila anda berminat dengan artikel majalah yang dikutip oleh blog ini, sekaligus butuh referensi, belilah di TORSIP SGPC!


Bagaimana pendapat anda......

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights