Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Salah satu gedung hotel di Kota Kembang ini memang terlihat biasa-biasa saja dari segi desain, namun karena mimin SGPC sedang bergulat agar blog ini tetap eksis ditengah kekosongan bahan, jadi SGPC tetap bahas apa bisanya. Inilah Hotel Kedaton, sebuah hotel bintang tiga yang berdiri di Jalan Suniaraja, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Hotel ini ditujukan bagi baik pelancong, pengusaha (business traveler) maupun pegawai pemerintah.

Hotel Kedaton memiliki 108 kamar yang dibagi ke dalam 4 kelas kamar, yaitu 21 kamar superior, 54 kamar deluxe, 24 kamar eksekutif dan 9 kamar junior suite. Hotel berlantai 6 ini juga menyediakan beberapa fasilitas tipikal hotel-hotel berbintang seperti kolam renang, sasana kebugaran, ruang pertemuan dan ballroom.

Hotel Kedaton Bandung
Foto oleh mimin SGPC

Iklan

Secara desain, pemborongan dan pengelolaan Hotel Kedaton, sepenuhnya dilakukan oleh perusahaan lokal. Desain arsitekturnya dibuat oleh sebuah commanditaire vennootschap bernama Griya Kharisma, strukturnya dilakukan perseorangan, sementara pembangunannya dilakukan oleh kontraktor gurem bernama PT Wahana Insani Nugraha.

Tidak banyak hal-hal yang menarik yang bisa dibahas dari hotel ini, selain berlantai 6 dengan luas lantai total (GFA) 12.305 m2, bentuknya melebar mengikuti panjang lahan dan Jalan Suniaraja, dan memanfaatkan eksterior yang modern, elegan dan atap ciri khas bangunan tropis Indonesia. Kepada majalah Konstruksi, pihak pemborong mengatakan hal menarik dari gedung ini adalah kanopi pintu masuk dan lobinya yang terinspirasi dari gaya Keraton Cirebon.

Konstruksi berlangsung sejak Desember 1994 hingga selesai keseluruhannya pada 18 Desember 1996, dan sudah dibuka sejak pertengahan 1997, di bawah pengelolaan PT AJEA Catur Ekapratama.

Data dan fakta

AlamatJalan Suniaraja No. 14 Sumur Bandung, Bandung, Jawa Barat
ArsitekCV Griya Kharisma (arsitektur dan interior)
Ir. Gunawan DT M.Sc. (struktur)
PemborongWahana Insani Nugraha
Lama pembangunanDesember 1994 – Desember 1996
Jumlah lantai6 lantai
1 basement
Jumlah kamar108
Referensi: Hotel Kedaton; Majalah Konstruksi #249

Referensi

  1. Saptiwi Djati Retnowati (1997). “Hotel Kedaton, Cerminkan ekspresi Keraton lewat sentuhan modern.” Majalah Konstruksi No. 249, April 1997, hal. 43-46
  2. Halaman resmi Hotel Kedaton, diarsip 13 April 2020

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *