Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Support us through SGPC’s Trakteer and get early access and exclusive content.

Sebuah apartemen kecil berlantai 8 berdiri dengan bangganya di atas Jalan R.P. Soeroso (Gondangdia Lama), dekat dengan Sentra Mandiri dan pusat belanja Menteng Huis. Apartemen mewah itu dikembangkan oleh pengembang kelas kakap Duta Anggada dengan nama Apartemen Menteng Regency. Apartemen tersebut hanya memiliki 65 unit yang terbagi ke tiga jenis kamar dan sebuah griya tawang.

Apartemen Menteng Regency
Apartemen standar lain…… Foto oleh mimin SGPC

Dibangun di tengah booming apartemen kelas atas di Jakarta pada kurun pertengahan 1990an, Menteng Regency merupakan apartemen sewa yang menyasar kalangan atas dan ekspatriat. Apartemen ini dibangun oleh kontraktor swasta Nusa Raya Cipta mulai Januari 1993 (setelah pemancangan selesai) hingga selesai pada akhir tahun 1995. Desain gedungnya dirancang oleh tim arsitek dari Califa Pratama Engineering. Awalnya akan dibangun 10 lantai dengan 77 unit, namun entah kenapa jumlah unit dan lantainya disunat menjadi 8 lantai dan 65 unit. Proyek ini disebut menghabiskan biaya Rp. 17 milyar nilai 1995.

Secara desain, Apartemen Menteng Regency bisa dikatakan menganut gaya arsitektur pasca-modern, karena disebutkan menganut “gaya Mediteranian, mampu menyelaraskan diri dengan nafas elit kehidupan Menteng yang telah terkenal sejak zaman kolonial.” Dengan bentuk lahannya yang memanjang ke tengah (menjauh dari jalan), perancang hanya bisa memainkan bentuk eksterior gedung saja (seperti bentuknya yang jelas tak terlalu kotak, dan ada garis-garis (alias aksen) mirip bata di pojok gedung), sementara warna pastel dan cokelat yang digunakan merupakan representasi selera pasar real estate saat itu.

Apartemen Menteng Regency memiliki 8 lantai dan 1 lantai bawah tanah, dengan luas lantai total (GFA) 13.500 m2, dengan 64 unit dan 1 griya tawang seluas 500 m2 di lantai 8; masing-masing 28 unit 1 kamar tidur (lantai 2 dan 3), 18 unit 2 kamar tidur (lantai 4 sampai 8) dan 18 unit 3 kamar tidur (lantai 4 sampai 8). Fasilitas yang diberikan merupakan standarnya apartemen kelas menengah, yaitu parkir untuk 135 kendaraan roda empat, lantai atap untuk kolam renang, sasana kebugaran (fitness), lounge dan lapangan tenis.


Iklan

Data dan fakta

AlamatJalan R.P. Soeroso No. 10-12 Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekCalifa Pratama
PemborongNusa Raya Cipta (struktur dan arsitektur)
Caisson Dimensi (pondasi)
Lama pembangunan1993 – 1995
Jumlah lantai8 lantai
1 basement
Jumlah unit65
Biaya pembangunanRp. 17 milyar (1995)
Rp. 140,5 milyar (inflasi 2022)

Referensi

  1. Aria (1996). “Apartemen Menteng Regency: Rancangan Unik di Lingkungan Elit.” Majalah Konstruksi No. 218, Januari 1996, hal. 47-50
  2. Agd (1994). “Untuk Kembangkan Proyek Properti: Duta Anggada Realty Tawarkan Obligasi I.” Media Indonesia, 18 Februari 1994, hal. 15
  3. Halaman resmi Apartemen Menteng Regency, diakses 16 April 2022 (arsip)

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *