Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Kantor Bank Negara Indonesia 1946 (BNI) di Jalan Lambung Mangkurat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, berfungsi sebagai kantor wilayah IX BNI sekaligus merupakan kantor cabang utama untuk Kota Seribu Sungai.

BNI Banjarmasin
Kantor bank karya Parama Loka. Foto oleh mimin SGPC

Gedung berlantai 7 dengan luas lantai hanya 4.500 m2 tersebut dirancang oleh tim arsitek dari Parama Loka Consultant dan dibangun mulai Maret 1991 hingga diperkirakan selesai sekitar awal tahun 1993, dan berdasarkan iklan perpindahan kantor cabang di koran lokal Banjarmasin, Dinamika Berita, BNI sepenuhnya beroperasi dari gedung ini sejak 3 Januari 1994. Kontraktor lokal PT Pemalut Utama menggarap struktur gedung ini; sayangnya tidak ada data untuk pemborong eksterior gedungnya.

Walau perancangnya merupakan nama besar seperti Parama Loka, bahasa desain gedung-gedung BNI di tahun 1990an sangat standar, mirip dengan kantor BNI di Bandung, tetapi seakan sudah mulai meninggalkan pakem “mirip Grha BNI“, dengan eksterior lapis kaca dan aluminium abu-abu.

Data dan fakta

AlamatJalan Lambung Mangkurat No. 30 Banjarmasin Tengah, Banjarmasin, Kalimantan Selatan
ArsitekParama Loka Consultant
PemborongPemalut Utama (struktur)
Lama pembangunanMaret 1991 – sekitar tahun 1993
Jumlah lantai6 lantai
1 basement
Sumber: Majalah Konstruksi #158

Referensi

  1. Saptiwi Djati Retnowati (1991). “Info Proyek: Gedung Kantor Wilayah 09 & Cabang Bank BNI – Banjarmasin.” Majalah Konstruksi No. 158, Juni 1991, hal. 58
  2. Dinamika Berita, 30 Desember 1993, hal. 12 (iklan pengumuman pindah BNI Cab. Lambung Mangkurat)

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *