Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Menara Standard Chartered
Foto oleh mimin SGPC

Berdiri megah di belakang gedung kembar Sampoerna Strategic Square, tepatnya di Jalan Satrio, Menara Standard Chartered atau dahulu dikenal dengan nama Satrio Tower, adalah gedung kantor dengan tinggi 143 meter dan 31 lantai serta luas lantai sebesar sekitar 63.480 m2 (gross) yang dikembangkan dan dikelola oleh Chitatex Peni, sayap properti Roda Vivatex, perusahaan yang dahulu bergerak di bidang tekstil.

Gedung kantor ini dirancang oleh tim arsitek dari Arquitectonica bersama dengan Sekawan DesignInc, dan selesai dibangun di pertengahan tahun 2007. Walau eksterior gedungnya terlihat unik karena bentuk zigzagnya, sayangnya penjelasan sejati dari gedung ini masih minim.

Secara struktur, perancang struktur Haerte Widya Konsultan Engineering mengatakan bahwa gedung ini menggunakan beton bertulang baik untuk lapis lantai dan inti gedungnya (menara elevator). Karena rasio coupling beam (sambungan tembok geser) gedung ini sangat besar (panjang ke kedalaman/span to depth melebihi faktor 2), maka digunakan coupling beam ganda. Ide tak biasa tersebut mengantar pendiri Haerte ke Amerika untuk menerima penghargaan dari American Concrete Institute di bulan Mei 2007.

Seperti namanya, Menara Standard Chartered diisi oleh bank asal Inggris Standard Chartered sebagai kantor pusat operasionalnya di Indonesia sejak 2008, setelah selama 15 tahun bercokol di gedung yang kini bernama Atria @ Sudirman. Tetapi, sejak April 2023, Standard Chartered memindahkan kantor pusatnya ke menara 2 World Trade Centre sekaligus – untuk sementara – membuat gedung ini mendapatkan nama barunya dari pemilik gedung: RDTX Square.

Data dan fakta

Nama lamaSatrio Tower
AlamatJalan Prof. Dr. Satrio No. 164 Setiabudi, Jakarta Selatan, Jakarta
ArsitekArquitectonica (arsitektur)
Sekawan DesignInc Arsitek (architect of record)
Haerte Consulting Engineers (struktur)
PemborongMurinda Iron Steel
Selesai dibangun2007
Jumlah lantai31 lantai
Tinggi gedung (CTBUH)143 meter

Referensi

  1. Halaman resmi Chitatex Peni, diakses 24 Januari 2022:
    1. Profil Menara Standard Chartered (arsip)
    2. Annual Report 2016 (arsip)
  2. Colliers International Asia Pacific (2008). “Jakarta Property Market Overview“. Colliers Internasional, Februari 2008. Diarsip 10 Oktober 2008
  3. Arsip halaman resmi Arquitectonica, diarsip 8 September 2012
  4. Halaman resmi Murinda Iron Steel, diakses 24 Januari 2022 (arsip)
  5. Halaman resmi Haerte Consulting Engineers, diakses 24 Januari 2022 (arsip)
  6. Halaman CTBUH untuk Menara Standard Chartered, diakses 24 Januari 2022

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *