Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Setiap Gedung Punya Cerita, mulai 18 Januari hingga 28 Januari 2022 akan membahas empat dari lima gedung walikota di Jakarta. Kantor Walikota Jakarta Timur telah SGPC bahas terlebih dahulu, sehingga untuk dua minggu ke depan, mimin bahas empat sisanya yang belum dibahas. Kedua adalah Kantor Walikota Jakarta Barat.

Blok A Kantor Walikota Jakarta Barat
Blok A. Foto oleh Point n’ Shoot (Panoramio)

Kota Administratif Jakarta Barat adalah sebuah unit administratif tingkat dua yang membawahi delapan kecamatan dan 56 kelurahan di Provinsi DKI Jakarta, dipimpin oleh walikota. Sejak tahun 1997, Walikota Jakarta Barat berkantor di kawasan niaga Puri Indah, Kembangan, Jakarta Barat, dalam rangka pengembangan pusat perekonomian baru di ujung barat Kota Jakarta dan menyatukan operasional suku dinas Walikota Jakarta Barat yang sebelumnya terpencar. Walikota Jakarta Barat sebelumnya berkantor di Jalan Letjen S. Parman, yang dianggap sudah tidak lagi menyediakan pelayanan yang baik untuk masyarakat.

Perencanaan Kantor Walikota Jakarta Barat di Puri Indah sebenarnya sudah dilaksanakan paling awal 1987 melalui sebuah sayembara perencanaan yang kembali dimenangkan oleh Arkonin – arsitek Kantor Walikota Jakarta Timur dan Jakarta Pusat. Awalnya direncanakan berlantai empat, kantor Walikota Jakbar akhirnya ditinggikan menjadi 10 lantai setelah mempertimbangkan tingginya harga tanah di Puri Indah.

Pembangunan blok pertama, yaitu Blok A yang sekarang menganut gaya arsitektur pasca-modern, dimulai pada tahun anggaran 1994/95 dengan pemancangan pondasi hingga selesai keseluruhan pada tahun anggaran 1996/97. Gedung yang dibangun dengan biaya Rp. 43 milyar (1997) tersebut diresmikan penggunaannya pada 17 April 1997 oleh Gubernur DKI Jakarta, Surjadi Soedirdja, dihadiri oleh 20 ribu undangan yang terdiri dari pejabat hingga anak yatim piatu, lanjut usia dan pemain qasida. Seperti kantor walikota Jakarta Utara, Blok A memiliki jam di bagian atas gedung.

Blok B Kantor Walikota Jakarta Barat
Blok B. Foto oleh Point n’ Shoot (Panoramio)

Rencana berikutnya dari pembangunan Kantor Walikota Jakarta Barat adalah Blok B untuk beberapa suku dinas, juga rancangan Arkonin, dan Masjid Assahara. Tidak ada catatan kapan gedung 16 lantai tersebut dibangun, tetapi data dari Google Earth mengindikasikan bahwa gedung dengan luas lantai 24 ribu meter persegi dan bergaya modern kontemporer itu, sudah selesai dibangun per 2009.


Iklan

Data dan fakta

Blok A

AlamatJalan Kembangan Raya No. 2 Kembangan, Jakarta Barat, Jakarta
ArsitekArkonin
Lama pembangunanTahun Anggaran 1994/95 – 1996/97
Diresmikan17 April 1997
Jumlah lantai10 lantai
Biaya pembangunanRp. 43 milyar (1997)
Rp. 316,5 milyar (inflasi 2023)

Blok B

ArsitekArkonin
Selesai dibangun2009
Jumlah lantai16 lantai

Referensi

  1. Alexander Purba (1997). “Kantor Baru Walikotamadya Jakarta Barat.” Majalah Konstruksi No. 253, Juni 1997, hal. 42-43
  2. xta (1997). “Kawasan Kembangan Jakarta Barat Dipacu Menjadi Pusat Kegiatan Ekonomi Baru.” KOMPAS, 4 April 1997 hal. 3
  3. PT Mitra Pembangunan Jaya (2018). “PT Pembangunan Ibukota Jakarta Raya: Perkembangan Perkotaan dan Arsitektur Jakarta.” Jakarta: PT Mitra Pembangunan Jaya. Halaman 45
  4. kha (1997). “Gubernur Resmikan Gedung Walikota Jakbar.” Berita Yudha, 19 April 1997, hal. 2

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *