Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Sunlake Waterfront Resort & Convention adalah hotel bintang empat yang berlokasi di daerah Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Dahulu bernama Hotel Danau Sunter dan Hotel Clarion Sunlake dan masih populer dikenal dengan nama Hotel Sunlake Sunter, hotel berlantai 8 dengan 228 kamar ini kini dimiliki oleh PT Sunter Lakeside Hotels, yang dahulu dibentuk sebagai patungan Inax International dan Sango Ceramics, masing-masing adalah pabrikan toilet dan keramik nasional. Saat ini, Sunter Lakeside Hotel dimiliki oleh Sango Ceramics yang juga mengelola Hotel Metro Semarang dan dua hotel lain di Jakarta: Merlynn Park dan Manhattan.

Hotel Sunlake Sunter
Foto oleh mimin SGPC

Hotel berlantai 8 ini, jauh berbeda dengan keyakinan masyarakat, mulai dibangun pada tahun 1993 (merujuk pada IMB) dan selesai dibangun sekaligus dibuka operasionalnya sejak November tahun 1995, dan diresmikan pada tahun 1996 dengan desain arsitekturnya yang mirip hotel 1980an. Saat dibangun, Sunlake Sunter menjadi bagian dari Choice Hotels selama beberapa tahun, dan sasaran pasarnya adalah pengusaha yang hadir di pameran dagang Kemayoran maupun yang ingin mengunjungi Tanjung Priok dan kawasan bisnis otomotif disekitarnya. Saat itu hanya terdapat 216 kamar. Sayangnya tidak ada data mengenai arsitek dan kontraktor hotel yang dibangun dengan dana Rp. 78,75 milyar itu.

Pada tahun 2002, Hotel Sunlake menambah lagi jumlah kamarnya menjadi 228 kamar dengan membangun gedung perluasannya yang mulai dibangun sejak 1997. Saat ini, ke-228 kamar tersebut memiliki 6 tipe kamar dan 4 tipe suite, menawarkan pemandangan baik Kota maupun Waduk Sunter disebelahnya, tiga rumah makan masing-masing dari masakan Indonesia/internasional, Korea, Tiongkok, lounge, kolam renang, sasana kebugaran dan sauna, lapangan tennis, tempat pertemuan dan ballroom.


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaHotel Clarion Sunlake Sunter
Hotel Danau Sunter
AlamatJalan Danau Permai Raya Blok C1 Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jakarta
Lama pembangunan (gedung asli)1993 – 1995
Lama pembangunan (perluasan)1997 – 2002
DibukaNovember 1995
Jumlah lantai8 lantai
Jumlah kamar224
Biaya pembangunanRp. 78,75 milyar (1995)
Rp. 665,6 milyar (inflasi 2021)
Referensi: Republika, 13/12/1995; Hotel Sunlake

Referensi

  1. fir (1995). “Hotel Clarion Sunlike [sic] Hadir di Jakarta Utara.” Republika, 13 Desember 1995.
  2. Halaman resmi Hotel Sunlake Sunter, diakses 4 September 2021 (arsip)
  3. Prospektus PT Hotel Lakeside Sunter, diakses 4 September 2021 (arsip)

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *