Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Bisa dibilang Gedung Semen Indonesia merupakan gedung tinggi yang cukup unik dan juga jauh dari kota-kota besar. Dibangun sebagai kantor administrasi perusahaan Semen Gresik, gedung berlantai 10 dengan luas lantai 12.660 meter persegi ini dirancang oleh tim arsitek dari Gubah Laras, dan dibangun oleh pemborong lokal Swadaya Graha mulai 1992 sampai 1994, dan diresmikan oleh Direktur Utama Semen Gresik Ir. A. Fuad Rivai pada tanggal 7 Agustus 1994.

Walau Gedung Semen Indonesia secara arsitektural dipengaruhi oleh warisan Soejoedi melalui tampilan merunya (mirip dengan kantor Gubernur Jawa Tengah dan KBRI Kuala Lumpur), gedung ini, sayangnya, kalah pamor dengan Gedung Litbang Semen Gresik, atau nama arsitekturnya PPS Semen Gresik, karya Harjono Sigit dan Wisma Djendral Ahmad Yani, sekompleks dengan Gedung Semen Indonesia. Padahal bangunan ini bisa menjadi tetenger Gresik sebagai bagian dari pabrik Semen Gresik.

Gedung Semen Indonesia
Foto oleh mimin SGPC

Iklan

Data dan fakta

AlamatJalan Veteran Gresik, Kab. Gresik, Jawa Timur
ArsitekGubah Laras
PemborongSwadaya Graha
Lama pembangunan1992 – 1994
Diresmikan7 Agustus 1994
Jumlah lantai10 lantai
Referensi: Plakat peresmian; Swadaya Graha; Gubah Laras

Referensi

  1. Laman resmi Gubah Laras, diarsip 7 Januari 2007
  2. Laman resmi Swadaya Graha, diarsip 1 Desember 2002
  3. Plakat peresmian

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *