Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Gedung Jaya adalah gedung perkantoran bergaya modern internasional yang dirancang oleh tim arsitek dari Arkonin, dan dibangun oleh divisi konstruksi dari PT Pembangunan Jaya (kini dipecah ke Jaya Konstruksi) di perempatan Jalan M.H. Thamrin dan Wahid Hasyim Jakarta, dekat dengan beberapa pusat keramaian masyarakat ibukota seperti Menara Thamrin, Menara Cakrawala, Djakarta Theatre dan Sarinah. Gedung berlantai 13 ini dikelola dan dikembangkan oleh Jayaland (saat dibangun bernama Jaya Realty) dengan luas lantai kasar mencapai 12.035 meter persegi.

Gedung Jaya
Sebelum McDonald’s datang. Foto oleh mimin SGPC

Gedung yang awalnya berwarna hitam tersebut diresmikan Gubernur DKI Ali Sadikin, pada 2 November 1974, dimana dalam sambutannya kembali menebar teror kepada banyak perusahaan yang saat itu kebanyakan berkantor di rumah-rumah. 11 tahun kemudian Gedung Jaya menjalani renovasi perdananya.

Sayangnya, gedung ini tidak banyak memiliki catatan informasi maupun sejarahnya selain yang disinggung tadi. Pada Juni 2023, McDonald’s sedang mempersiapkan gerai baru di lantai 1 podium Gedung Jaya, yang pada akhirnya diresmikan pada 1 Juli 2023. Gedung ini merupakan yang terdekat dengan lokasinya yang legendaris di Sarinah, yang ditutup Mei 2020 dan McD tidak mungkin membuka gerainya di Sarinah baru karena syarat keindonesiaan yang ditetapkan pengelola.


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaJaya Building (saat pembangunan)
AlamatJalan M.H. Thamrin No. 12 Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekArkonin
PemborongJaya Konstruksi
Selesai dibangun1974
Diresmikan2 November 1974
Jumlah lantai13 lantai
Referensi: Majalah Konstruksi April 1982; ANEFO/National Archief.

Referensi

  1. “Perencanaan Gedung DPRD-DKI selaras dengan lingkungan”. Konstruksi, April 1982. Kutipan: “Selintas tentang P.T. Arkonin……. Beberapa proyek yang telah dikerjakan oleh PT. Arkonin, antara lain: Gedung Jaya (13 lantai, total luas lantai 13.000 m²)
  2. H-4 (1974). “Daerah Perumahan Menteng dan Kebayoran Harus Dipertahankan Sebagai Monumen Bersejarah”. Sinar Harapan, 2 November 1974, hal. 1-2
  3. Laman resmi Gedung Jaya, diakses 8 Agustus 2020 (arsip)
  4. Joost Evers/ANEFO (1971). “Verkeersweg in Jakarta“. Foto Arsip Negara Belanda (Nationaal Archief), diakses 8 Agustus 2020
  5. Persatuan Pengusaha Real Estate Indonesia (1986). “Gedung Perkantoran di Jakarta 1986.” Jakarta: Persatuan Pengusaha Real Estate Indonesia. Hal. 43
  6. Moh Fajri; Alfadillah (2023). “McD bakal buka lagi di dekat Sarinah.” Kumparan, 20 Juni 2023. Diakses 1 Juli 2023 (arsip)

Post Instagram McDonald’s Indonesia

View this post on Instagram

A post shared by McDonald's Indonesia (@mcdonaldsid)

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *