Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Support us through SGPC’s Trakteer and get early access and exclusive content.

Sejak sekitar Oktober atau November 2022, Lembaga Kantor Berita Negara ANTARA mulai berkantor di Wisma Antara B yang berlokasi di Jalan Cikini IV No. 11, yang awalnya merupakan kantor pusat dari PT PANN Multifinance – sebuah BUMN perkreditan multidisiplin – dari 1986 hingga 2022. Sebelumnya, LKBN ANTARA berkantor di gedung yang namanya sama di Medan Merdeka Selatan; sementara pengelola Hotel Grand Surabaya itu kini mengontrak rukan di Tebet.

Wisma Antara B yang berlantai 5 dengan langgam modern dan lapis keramik putih, merupakan rancangan Jasa Ferrie Partners dan dibangun oleh Total Bangun Persada mulai 1985 hingga 1986. Tidak ada detil lebih lanjut mengenai bangunan ini.

Wisma ANTARA B
Gedung sepi ini sekarang menjadi kantor media baru. Foto oleh mimin SGPC

Data dan fakta

Nama lamaGedung PANN Multi Finance
AlamatJalan Cikini IV No. 11 Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekJasa Ferrie Partners
PemborongTotal Bangun Persada
Lama pembangunan1985 – 1986
Jumlah lantai5 lantai
Referensi: Indonesia Maju vol. 1; Total Bangun Persada

Referensi

  1. Indonesia Maju Vol. 1, Hal. 492 (iklan Jasa Ferrie Partners)
  2. Arsip laman resmi Total Bangun Persada, diarsip 10 Februari 2019
  3. Agnes Savithri (2020). “PANN, BUMN ‘Sunyi’ 7 Karyawan dengan Suntikan Modal Rp3,7 T“. CNN Indonesia, 21 Februari 2020. Diakses 19 September 2020 (arsip)

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *