Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Support us through SGPC’s Trakteer and get early access and exclusive content.

Gedung berlantai 4 ini pertama dibangun sebagai kantor cabang Bank Ekspor Impor Indonesia sejak 1982 hingga peleburan pada tahun 1999 sebagai bagian dari Bank Mandiri. Dirancang oleh tim arsitek Atelier 6 dengan Ir. Nurrochman Siddharta sebagai orang utamanya, Bank Mandiri cabang Cikini dibangun oleh kontraktor lokal PT Guna Bangun, dengan biaya pembangunan hanya 600 juta rupiah saat itu, mulai 11 Januari 1980 dan diresmikan pemakaiannya pada tanggal 4 Januari 1982.

Tidak banyak yang menarik dari kantor Bank Mandiri di Cikini sebagai gedung bank yang representatif dalam mengadakan pelayanan masyarakat dalam bidang perbankan. Saat pertama dibangun, gedung ini dikenal dengan balai banknya yang terbagi menjadi dua.

Gedung Bank Ekspor Impor Indonesia Cikini
Foto oleh mimin SGPC

Data dan fakta

Nama lamaBank Ekspor-Impor Indonesia
AlamatJalan Cikini Raya No. 56 Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekIr. Nurrochman Siddharta (Atelier 6)
PemborongGuna Bangun
Lama pembangunan1980 – 1981
Dibuka4 Januari 1982
Jumlah lantai3 lantai
1 basement
Biaya pembangunanRp. 600 juta (1982)
Rp. 14 milyar (inflasi 2020)
Referensi: Plakat; Ikatan Arsitek Indonesia 1983

Sumber

  1. Ikatan Arsitek Indonesia (1983). “Buku Ke-1 Karya Arsitektur Arsitek Indonesia.” Jakarta: Ikatan Arsitek Indonesia. Halaman 23-24.
  2. Plakat bangunan
  3. Website Bank Ekspor Impor Indonesia, diarsip 9 Juli 1998

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *