Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Gedung Total adalah sebuah gedung perkantoran sewa berlantai 12 yang berlokasi di Jalan Letjen. S. Parman, Jakarta Barat. Gedung yang berada di seberang jalan Mall Taman Anggrek tersebut adalah gedung perkantoran milik pemborong swasta Total Bangun Persada, yang mengembangkan, merancang dan membangun gedung ramping dengan luas lantai 11.402 meter persegi. Gedung tersebut mulai dibangun pada Agustus 1990, dan selesai pada tahun 1992, kemungkinan Maret/April.

Gedung ramping tersebut dirancang dengan gaya arsitektur pascamodern, dan berlapiskan komposit dan granit, dengan struktur dibangun dengan pondasi Frankipile dan struktur utama portal terbuka, konstruksi beton bertulang dengan pratekan. Desain tersebut, diklaim menjadikannya gedung perkantoran eksklusif (walau tidak demikian). Tak banyak informasi lebih lanjut dari gedung berlantai 12 tersebut, selain pada paruh pertama tahun 1990an, sebelum Mall Taman Anggrek dibangun, Gedung Total adalah gedung yang cukup menonjol dari segi tinggi bangunan di Jalan Letjen S. Parman.

Gedung Total
Serba dibangun sendiri. Foto oleh mimin SGPC

Data dan fakta

AlamatJalan Letjen S. Parman Kav. 106A Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Jakarta
ArsitekTotal Bangun Persada
PemborongTotal Bangun Persada
Lama pembangunanAgustus 1990 – 1992
Jumlah lantai12 lantai
2 basement
Referensi: Total Bangun Persada; Majalah Konstruksi #152 Desember 1990

Referensi

  1. Vera Trisnawati; Saptiwi Djati Retnowati; Rahmi Hidayat et al (1990). “Info proyek: Gedung Total”. Majalah Konstruksi No. 152, Desember 1990, hal. 58-59.
  2. Arsip web resmi Gedung Total, diarsip 13 Maret 2005
  3. Arsip web resmi Total Bangun Persada, diarsip 24 Agustus 2018

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *