Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Mega Plaza adalah satu dari beberapa gedung yang dibangun di deretan Jalan H.R. Rasuna Said, Jakarta. Gedung berlantai 12 dan 1 basement tersebut dikembangkan oleh PT Mega Plaza, anak perusahaan Grup Sukandamulia, dan dibangun oleh Total Bangun Persada mulai Juli 1990 dan rampung pada Desember 1991, menghabiskan 18 bulan pekerjaan sudah termasuk libur Lebaran.

Mega Plaza
Foto oleh mimin SGPC

Iklan

Konsep perencanaan gedung ini menggunakan metode Design and Construct, dimana Total Bangun Persada dibantu oleh tim arsitek dari PT Pacific Adhika Internusa untuk perancangan arsitektur. Mengutip manajer proyek PT Mega Plaza, Ir. Irhandi Ludiarto, yang diwawancara Majalah Konstruksi, dan dimuat di Majalah Konstruksi edisi Juli 1992, “Dengan Design-Construct, bisa terjalin kerja sama yang baik antara pemilik proyek dan kontraktor, sehingga hasilnya dapat lebih maksimal. Desain bisa sesuai dengan keinginan”.

Desain gedungnya bisa dibilang “biasa saja” dari segi orang awam, tetapi gedung ini ingin beda dibanding tetangga-tetangganya seperti Gedung Wirausaha dan tetangganya Gedung Asuransi Jasa Raharja yang mengotak, namun hampir selaras dengan Gedung Asuransi Wahana Tata yang berombak, dengan membuat tekukan pada 4 lantai teratas sisi barat gedung (menghadap jalan). Erlita Rachman di tulisannya di Majalah Femina pada tahun 1994 menyebut variasi lekukan gedung yang saat itu bernama Price Waterhouse Centre itu “unik dan menarik” dalam keterangan fotonya. Polesan eksterior Mega Plaza menggunakan panel komposit aluminium berwarna putih dan kaca berwarna kehijauan. Gedung tersebut juga dilengkapi dengan gedung parkir 8 lantai dengan kapasitas 240 mobil.

Struktur Mega Plaza menggunakan pondasi Franki dengan struktur utamanya berupa gabungan dinding geser dan beton bertulang. Bidang lengkungnya berkolom.

Saat Mega Plaza memasarkan gedung ini pada Mei 1992, gedung dengan luas kotor 17.800 meter persegi berhasil mengisi 75 persen ruang kantornya. Per Februari 2019, Toyota Astra Financial (lantai 1B), Evergreen (lantai 9) hingga Greenpeace (lantai 5) adalah contoh beberapa organisasi yang berkantor di gedung ini.

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1990an dapat anda baca di artikel ini


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaPrice Waterhouse Centre
AlamatJalan H.R. Rasuna Said Kav. C-3 Setiabudi, Jakarta Selatan, Jakarta
ArsitekPacific Adhika Internusa (arsitektur)
Total Bangun Persada (design & build)
Rematha Optima (struktur)
Meco Systech Internusa (mekanik dan listrik)
PemborongTotal Bangun Persada (design & build)
Lama pembangunanJuli 1990 – Desember 1991
Jumlah lantai12 lantai
1 basement
Ketinggian gedung~45 meter
Referensi: Majalah Konstruksi #171, Juli 1992

Referensi

  1. Dwi Ratih; Saptiwi Djati Retnowati. “Megaplaza, memberi tekanan pada puncak bangunan”. Majalah Konstruksi No. 171, Juli 1992.
  2. Erlita Rachman (1994). “‘Koridor’ Rasuna Said, Jalur Wisata Arsitektur di Jakarta.” Femina No. 25/XXII, 30 Juni 1994, hal. 103-106

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *