Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Support us through SGPC’s Trakteer and get early access and exclusive content.

Hotel Ibis Arcadia adalah sebuah hotel kelas menengah di Kebon Sirih, Jakarta Pusat, tepatnya di Jalan K.H. Wahid Hasyim. Dari segi jumlah lantai (8), kamar (94) dan kualitas arsitektur, gedung ini masih dianggap tidak penting untuk dibahas, tetapi SGPC tetap membahasnya karena datanya memang ada.

Hotel milik Grup Brasali ini dikelola oleh AccorHotels Asia Pacific melalui merek Ibis – dan mencitrakan dirinya sebagai hotel butik kecil yang menawarkan kenyamanan seperti di rumah. Hotel tersebut dirancang oleh tim arsitek Perentjana Djaja dan dibangun mulai Januari 1993 dan selesai dibangun pada sekitar pertengahan 1994, dengan pembukaan perdana (soft opening) dilakukan pada Juli 1994.

Ibis Arcadia
Pra-renovasi. Foto oleh mimin SGPC

Hotel Ibis Arcadia diresmikan operasionalnya (grand opening) pada pertengahan Desember 1994, yang diramaikan dengan pameran lukisan karya Affandi. Hotel Ibis Arcadia (Agoda/Booking) berlokasi sangat strategis, dekat dengan Sarinah, Monumen Nasional dan kompleks bisnis M.H. Thamrin dengan beberapa langkah kaki saja. Namun, ia juga merupakan pesaing dari hotel Ibis lain (sekarang sudah independen) yang berlokasi di seberang jalan bersama dengan beberapa hotel lain (contoh Hotel Cipta) di Jalan Wahid Hasyim.

Tidak ada informasi kapan penampilan Hotel Ibis Arcadia berubah dari warna krem menjadi mosaik biru-abu-putih susu.

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1990an dapat anda baca di artikel ini

Data dan fakta

AlamatJalan K.H. Wahid Hasyim No. 114 Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekPerentjana Djaja
Lama pembangunanJanuari 1993 – pertengahan 1994
DibukaJuli 1994
DiresmikanDesember 1994
Jumlah lantai8
Jumlah kamar94
Referensi: Brasali Group; Majalah Konstruksi #179, Media Indonesia 18/12/1994

Referensi

  1. Web Brasali Group, diakses 8 Oktober 2019. (Arsip)
  2. Saptiwi Djati Retnowati (1993). “Info proyek: Arcadia Hotel”. Majalah Konstruksi No. 179, Maret 1993.
  3. M. Achsan; Mimi (1994). “Grand Opening Arcadia Hotel”. Media Indonesia, 18 Desember 1994.

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *