Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Support us through SGPC’s Trakteer and get early access and exclusive content.

Perkenalkan Hotel Acacia Jakarta. Mimin SGPC pernah masuk di hotel ini pada Juli 2019, dua kali dalam jangka waktu singkat dan mendapatkan kamar yang kenyamanannya bervariasi. Hotel milik Grup Guntur Madu Tama ini dibangun oleh pemborong PT Budi Agung Wibawa dan dirancang desainnya oleh tim arsitek dari PT Inti Era Cipta. Interior dirancang oleh tim dari Bent Severin & Associates dari Singapura.

Saat pembangunan, hotel ini direncanakan bernama Park Inn International Hotel sejak Mei 1994. Entah bagaimana hotel ini berganti nama menjadi Acacia. Pembangunan hotel dengan 208 kamar ini dibangun mulai November 1993 dan selesai dibangun pada sekitar Oktober 1995 sampai awal 1996, menghitung kemungkinan keterlambatan penyelesaian pembangunan. Hotel Acacia Jakarta yang mengusung gaya arsitektur pascamodern dibuka penuh pada tanggal 21 Juni 1996.

Tidak banyak yang bisa ditilik dari hotel bisnis yang berlokasi lebih dekat dengan Komisi Yudisial, Kemensos RI, Perpusnas Salemba dan kantor BNI Kramat Raya dibanding Monas dan Taman Ismail Marzuki ini. Soal fasilitas perhotelan, rumah makan modern, laundry, pusat konferensi dan kolam renang adalah fasilitas yang penulis sempat lihat. Kelir cat pink, bentuk jendela, marmer dalam dan luar gedung dan rotunda memberi kesan klasik pada Hotel Acacia (Agoda).

Hotel Acacia Jakarta malam
Hotel bisnis di kawasan Kramat Raya. Foto oleh mimin SGPC

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1990an dapat anda baca di artikel ini

Data dan fakta

AlamatJalan Kramat Raya No. 81 Senen, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekInti Era Cipta (arsitektur dan struktur)
Bent Severin & Associates (interior)
PemborongPT Budi Agung Wibawa (struktur utama)
Caisson Dimensi (pondasi)
Lama pembangunanNovember 1993 – 1996
Dibuka21 Juni 1996
Jumlah lantai9 lantai
1 basement
Jumlah kamar208
Referensi: Majalah Konstruksi #194 Juni 1994; Media Indonesia 25/6/1996

Referensi

  1. Saptiwi Djati Retnowati (1994). “Park Inn International, Jakarta”. Majalah Konstruksi No. 194, Juni 1994.
  2. tt/w-1 (1996). “Hotel Baru untuk “Businessmen”. Media Indonesia, 25 Juni 1996.
  3. Tripadvisor. Diakses 25 Agustus 2019.

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *