Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Tamara Centre, sepertinya anda bisa membayangkan bahwa gedung ini adalah rancangan orang asing dengan desainnya yang pascamodern dan canggih. Tidak. Tamara Centre dirancang oleh insinyur-insinyur kebanggaan anak bangsa dari Accasia. Gedung yang berada di sebelah Millennium Centennial Centre (ex Lippo dan Sequis Plaza) dan International Financial Centre itu dibangun oleh Ssangyong Engineering & Construction, bekerja sama dengan Takarin Tamara secara J.O., mulai November 1988, rampung sekitar akhir 1990 dan dibuka pada pertengahan Mei 1991.

Tamara Centre
Dilihat dari selatan, desainnya langsung berbeda. Foto oleh mimin SGPC

Iklan

Desain Tamara Centre yang seperti penulis sebutkan tadi, berlanggam pascamodernisme dan canggih, mengejawantahkan logo Grup Tamara. Dua bagian gedung tersatukan oleh sebuah “shaft”, begitu pemikiran tim arsitek Accasia, yang merepresentasikan Grup Tamara sendiri. Kulit luarnya yang berlapis kaca, alias legiun bangunan kaca tahun 1990an, menegaskan kesan modern dan memberi cahaya alami (setidaknya seperti itulah yang diklaim Tamara Land). Tidak ada bagian Tamara Centre yang sama; semua dari hadapan utara, selatan, barat dan timur memiliki permainan geometri yang berbeda.

Secara struktur, pondasi memakai bored pile dan strukturnya menggunakan open frame beton bertulang dan balok lantai pratekan. Core gedung adalah open-frame karena desain gedungnya dari atas asimetris, menghasilkan ruang kantor yang lebih banyak dan membaurkan titik beban bangunan.

Tamara Centre
Dilihat dari utara. Foto oleh mimin SGPC

Saat selesai dibangun, gedung dengan luas lantai 22.800 meter persegi ini sudah menjadi markas dari Grup Tamara yang terdiri dari Tamara Land dan Bank Tamara, sejak 1998 Bank Tamara diambilalih Badan Penyehatan Perbankan Nasional dan dilebur ke Bank Danamon. Gedung ini juga merupakan kantor dari dua bank asal Tiongkok: CTBC Bank – karena awalnya Chinatrust Indonesia lahir dari kongsi dengan Tamara pada 1997 – dan Bank of China. Tenant lainnya termasuk Taisho dan maskapai penerbangan Vietnam Airlines dan Royal Brunei.

21 April 2011, lantai teratas Tamara Center sempat terbakar, tetapi kebakaran tersebut tidak terlalu luas dan terjadi di lantai atas. Tidak jelas alasan terjadinya kebakaran bangunan.

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1990an dapat anda baca di artikel ini


Iklan

Data dan fakta

AlamatJalan Jenderal Sudirman Kav. 21 Setiabudi, Jakarta Selatan, Jakarta
ArsitekAccasia
Pemborong (J.O.)Takarin Tamara
Ssangyong Engineering & Construction
Lama pembangunanNovember 1988 – 1990
DiresmikanMei 1991
Jumlah lantai20 lantai
Referensi: Majalah Konstruksi #160 Agustus 1991

Referensi

  1. Dwi Ratih (1991). “Tamara Center: Hadir dengan penampilan multifasada”. Majalah Konstruksi No. 160, Agustus 1991.
  2. Web Tamara Land, 22 Juli 2017
  3. Tri Kurniawan (2011). “Penyebab Kebakaran Tamara Center Masih Misteri“. Okezone, 21 April 2011. Diakses 4 Agustus 2019 (arsip).
  4. Web resmi bank: CTBC Indonesia (arsip) dan Bank of China Indonesia (arsip). Masing-masing diakses 4 Agustus 2019 dan 1 Oktober 2019.
  5. Web resmi Taisho Pharmaceutical Indonesia. Diakses 1 Oktober 2019 (arsip).
  6. Web resmi Royal Brunei Airlines (arsip) dan Vietnam Airlines (arsip). Diakses 1 Oktober 2019.
  7. Bisnis Indonesia, 15 Mei 1991 (iklan peresmian Tamara Centre)

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, dan bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *