Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Support us through SGPC’s Trakteer and get early access and exclusive content.

Plaza CIMB Niaga dan Plaza Sequis adalah dua gedung tinggi era 1990an yang dahulu berdiri di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Terletak di sela-sela Tamara Centre dan Menara Sona Topas, gedung ini dikelola oleh Permata Birama Sakti.

Plaza CIMB Niaga (RIP)
CIMB Niaga Plaza. Foto oleh mimin SGPC

Gedung pertama yang dibangun di petak ini adalah Plaza CIMB Niaga. Sebelumnya bernama “Sunshine Plaza” dan “Lippo Plaza”, gedung ini dibangun mulai Juli 1989 hingga selesai dibangun Januari 1991, dan dibuka resmi pada Agustus 1991, dengan mengadakan sebuah seremoni pameran seni karya Astari Rasjid.

Waskita Kajima dan Sumicon Utama terlibat dalam pembangunan gedung ini; sejauh ini mimin SGPC tidak mendapatkan data pasti siapakah pemborong utama dan perancangnya, mengingat Kajima Corporation punya pengaruh di bidang rancang desain gedung melalui Kajima Design Department, departemen yang sama yang merancang Ratu Plaza, Menara Topas dan Menara Thamrin. Lippo Plaza Sudirman dengan floorplate 17.815 meter persegi kala itu bernilai 20 juta dolar AS (atau Rp 39,1 milyar nilai 1991, setara dengan Rp 455 milyar nilai 2020), menurut laporan Warta Ekonomi pada September 1991.


Iklan

Plaza DM (RIP)
Plaza DM/Sequis. Foto oleh mimin SGPC

Gedung kedua yang dibangun oleh Permata Birama Sakti di lahan ini adalah Plaza DM, alias Plaza Mashill dan Plaza Sequis. Dibangun mulai Desember 1993 sampai April 1995 oleh Sumicon Utama, gedung floorplate 50 ribu meter persegi ini dirancang oleh tim arsitek dari Airmas Asri, dengan penampilan pascamodern yang mewah dan berwarna serasi dengan Plaza Lippo di depannya.

Sayangnya durasi hidup Plaza CIMB Niaga dan Plaza Sequis cukup singkat. Kedua bangunan tersebut, masing masing berusia 23 dan 19 tahun, dibongkar pada tahun 2015 untuk dibangun Millennium Centennial Centre, gedung berlapis kaca biru rancangan Smallwood, Reynolds, Stewart, Stewart & Associates.

Data dan fakta

AlamatJalan Jenderal Sudirman Kav. 25 Setiabudi, Jakarta Selatan, Jakarta

Plaza CIMB Niaga

Nama lamaSunshine Plaza
Lippo Plaza Sudirman
Pemborong*Waskita Kajima
Sumicon Utama
Lama pembangunanJuli 1989 – Januari 1991
DibukaAgustus 1991
Dibongkar2015
Jumlah lantai18 lantai
* – peran Waskita dan Sumicon dalam proyek ini tidak jelas.
Referensi: Sumicon Utama; Kajima Indonesia; Warta Ekonomi 9/9/1991

Plaza Sequis

Nama lamaPlaza Mashill
Nama lainPlaza DM
ArsitekAirmas Asri
PemborongSumicon Utama
Lama pembangunanDesember 1993 – April 1995
Dibongkar2015
Jumlah lantai25 lantai
Referensi: Airmas Asri; Sumicon Utama

Referensi

  1. Arsip laman Airmas Asri, diarsip 17 Juli 2003
  2. Arsip laman Sumicon Utama, diarsip 10 Januari 2012
  3. Laman resmi Kajima Indonesia, diakses 17 September 2020 (arsip)
  4. YW (1991). “Senggang”. Warta Ekonomi, 9 September 1991, hal 45

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *