Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Bagi fans berat bangunan glessi-glessi menjulang, gedung yang berdiri di bekas Sequis Plaza dan Plaza Lippo ini merupakan salah satu kebanggaan mereka. Gedung tersebut adalah Millennium Centennial Center, salah satu gedung tinggi dengan tinggi 250 meter dengan 54 lantai dan 6 basement yang keseluruhan memberikan ruangan seluas 148 ribu meter persegi.

Salah satu gedung tertinggi di Jakarta itu dirancang oleh tim arsitek dari Smallwood, Reynolds, Stewart, Stewart & Associates bersama dengan tim arsitek Design Global Indonesia, mengulang kerjasama mereka di tetangga gedung ini, Sahid Sudirman Centre.

Millennium Centennial
Kaca polosan. Foto oleh mimin SGPC

Seperti bangunan-bangunan milik Permata Birama Sakti alias Century Properties lainnya, proyek yang konstruksinya dimulai dari 2016 ini minim informasi. Berdasarkan informasi dari Dewan Bangunan Tinggi dan Hunian Perkotaan (CTBUH), gedung yang dibangun oleh Acset Indonusa itu sudah selesai dibangun pada tahun 2019, alias makan 3 tahun masa konstruksi. Padahal, pengembang sempat menjanjikan akan diselesaikan pada tahun 2018, yang kemunginan selesainya belum termasuk finshing interior.

Secara arsitektur, gedung ini minim informasi juga karena sarat dengan lapisan kaca. Tetapi, dibekas gedung Plaza Lippo, terdapat taman yang memberi kesan tentram di antara hiruk pikuk Jakarta. Bila gedung berkaca dan taman itu dipadu, maka konsep yang dilahirkan adalah sebuah oasis perkotaan. Itu semua adalah penjelasan dari Haerte Widya, yang seharusnya akan menjabar lebih banyak tulangan gedungnya ketimbang konsep bangunan.

Menariknya konsep oasis inilah yang mengantar Millennium Centennial Center memenangkan kategori “Best Landscape Architecture Design” (desain arsitektur lanskap terbaik) dalam ajang Indonesia Property Award 2017, satu-satunya penghargaan yang mewarnai lemari piala manajemen gedung ini.


Iklan

Data dan fakta

AlamatJalan Jenderal Sudirman Kav. 25 Setiabudi, Jakarta Selatan, Jakarta
ArsitekSmallwood, Reynold, Stewart, Stewart & Associates (arsitektur)
Desain Global Indonesia (architect of record)
Haerte Consulting Engineering (struktur)
PemborongAcset Indonusa
Lama pembangunan2016 – 2019
Jumlah lantai54 lantai
6 basement
Tinggi gedung (CTBUH)250,5 meter

Referensi

  1. Halaman resmi Millennium Centennial Center, diakses 22 Mei 2023 (arsip)
  2. Halaman resmi Haerte Widya Engineering, diakses 22 Mei 2023 (arsip)
  3. Halaman resmi Desain Global Indonesia, diakses 22 Mei 2023 (arsip)
  4. Halaman resmi Acset Indonusa, diakses 22 Mei 2023 (arsip)
  5. Hilda B. Alexander (2018). “Perkantoran mewah milik Tan Kian beroperasi 2018.” KOMPAScom, 10 Oktober 2017, diakses 22 Mei 2023 (arsip)

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *