Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Support us through SGPC’s Trakteer and get early access and exclusive content.

Graha PPI adalah sebuah gedung perkantoran 5 lantai yang berlokasi di Jalan Abdul Muis, Gambir, Jakarta Pusat. Gedung bergaya pascamodern dengan aksen wawasan nusantara yang kuat ini merupakan kantor komersil disamping menjadi kantor pusat PT PPI. Awalnya gedung ini adalah kantor PT Dharma Niaga sejak awal 1993 hingga melebur dengan Pantja Niaga dan Tjipta Niaga, membentuk PT Perusahaan Perdagangan Indonesia di awal tahun 2003.

Wisma Dharma Niaga/Graha PPI
Wawasan Nusantara. Foto oleh mimin SGPC

Iklan

Graha PPI dirancang oleh tim arsitek dari Atelier 6 dan strukturnya dirancang oleh Decimal Engineering, dan pemborongan dilakukan oleh PT Adhi Karya. Pembangunan dilangsungkan mulai 24 Juli 1991 dan selesai sekitar November 1992, bila menghitung laporan wartawan KOMPAS yang melaporkan bahwa Wisma Dharma Niaga, nama lama gedung ini, sudah selesai dibangun, per 6 Desember 1992. Dharma Niaga merogoh Rp. 17,5 milyar (nilai 1992) untuk membangun Graha PPI termasuk denda. Graha PPI menjadi aset properti pertama PT Dharma Niaga yang bergerak di bidang ekspor-impor dan distribusi. Dharma Niaga berencana untuk membangun hotel dan perkantoran di kota-kota lain di Indonesia, yang sayangnya tak terealisasi.

Secara struktur, lokasi gedung yang berada sangat dekat dengan Istana Negara membuat Graha PPI memiliki lapis beton yang tahan peluru dan lantai di atas lantai 4 tak boleh disewakan, harus ditempati sendiri. Hal ini adalah konsekuensi dari pelanggaran terhadap larangan dari Pemprov DKI untuk membangun bangunan niaga di ring 1 diatas 4 lantai, termasuk denda yang dijatuhkan ke Dharma Niaga oleh Pemprov. Pondasi menggunakan pondasi rakit karena keadaan tanah yang kurang stabil. Graha PPI memiliki luas lantai bangunan total 16.005 meter persegi dan memiliki 2 lantai basement dan lahan terbuka untuk parkir keseluruhan 157 mobil.

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1990an dapat anda baca di artikel ini

Data dan fakta

Nama lamaWisma Dharma Niaga
AlamatJalan Abdul Muis No. 6-10 Gambir, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekAtelier 6 (arsitektur)
Decimal Engineering (struktur)
PemborongAdhi Karya
Lama pembangunanJuli 1991 – November 1992
Jumlah lantai5 lantai
2 basement
Biaya pembangunanRp. 17,5 milyar (1992)
Rp. 180 milyar (inflasi 2020)
Referensi: Majalah Konstruksi #160 Agustus 1991; KOMPAS 7 Desember 1992

Referensi

  1. Saptiwi Djati Retnowati (1991). “Info Proyek: Gedung PT Dharma Niaga”. Majalah Konstruksi No. 160, Agustus 1991.
  2. tat (1992). “PT Dharma Niaga Terjun ke Bisnis Properti”. KOMPAS, 7 Desember 1992.
  3. Arsip halaman resmi PT PPI, diarsip 8 Februari 2005

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, serta mendukung blog ini secara saweran. Bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *