Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Plaza Kuningan merupakan kompleks perkantoran yang terdiri dari dua gedung perkantoran berlantai 11 dan sebuah gedung parkir yang berlokasi di bilangan Rasuna Said Jakarta. Kompleks berlapis kaca ini dikembangkan oleh Tri Dharma Sakti Indah, anak perusahaan dari Grup Mulia dan dirancang oleh tim arsitek Nihon Architects (atau sekarang bernama Nihon Sekkei) bersama dengan Dacrea sebagai firma pendamping.

Pemborong pembangunan gedung kembar tersebut adalah Jaya Obayashi, mulai 1 November 1983 hingga 15 Oktober 1984 untuk tahap I (Menara Utara dan gedung administrasi + eksterior) dan 21 Maret 1984 hingga 31 April 1985 untuk tahap II (Menara Selatan dan gedung parkir + eksterior).

Plaza Kuningan
Legiun kaca dari dekade 1980an. Foto oleh mimin SGPC

Plaza Kuningan menjadi satu dari beberapa gedung korban serangan bom yang dilakukan oleh anak buah teroris kelas kakap Dr. Azahari dan Noordin M. Top dari Jemaah Islamiyah pada tanggal 9 September 2004. Serangan bom mobil boks tersebut menyebabkan keseluruhan gedung berlapis kaca tersebut babak belur oleh imbas ledakan dan getaran, dengan banyak lapis kacanya tercerai-berai.

Tidak diketahui kerugian spesifik pada kerusakan Plaza Kuningan akibat dampak bom di depan Kedubes Australia; Djoko Tjandra, pimpinan Grup Mulia yang mengasuh Plaza 89, Plaza Kuningan dan Sentra Mulia (sekarang gedung Dirjen Imigrasi Kemenkumham) menyebut kerugian kerusakan gedung yang mereka kelola mencapai 5 juta dolar AS tahun 2004. Gedung berlapis kaca tersebut diperbaiki dan dioperasionalkan seminggu kemudian.


Iklan

Arsitektur Plaza Kuningan terdiri dari tiga bangunan

Plaza Kuningan Selatan
Menara Selatan yang besar dan luas. Foto oleh mimin SGPC
Plaza Kuningan Utara
Menara Utara yang lebih kecil. Foto oleh mimin SGPC

Kompleks Plaza Kuningan memang dirancang serbaguna, selain Menara Utara dan Menara Selatan, terdapat juga gedung parkir dan gedung administrasi 3 lantai yang berfungsi sebagai kontrol sistem gedung. Sementara gedung parkir memiliki 8 lantai yang terdiri dari 5-6 parkir yang menampung 850 kendaraan dan 2 lantai ruang kantor, awalnya merupakan rumah makan Casablanca yang tersohor dengan interior gaya Timur Tengahnya. Total floorplate kasar gedung adalah 16.164 meter persegi untuk Menara Utara, 27.900 meter persegi untuk Menara Selatan dan 9.100 meter persegi untuk gedung parkir/Annex, keseluruhan adalah 53.164 meter persegi dengan 43.223 meter persegi bisa dihuni.

Gedung parkir Plaza Kuningan
Gedung parkiran. Foto oleh mimin SGPC

Finishing Plaza Kuningan hanya menggunakan lapis kaca tebal berwarna biru dengan bingkai aluminium warna hitam, menegaskan nuansa bersih dan modern. Sementara rangka bangunan untuk Menara Utara dan Menara Selatan menggunakan beton bertulang dikombinasikan dengan balok beton pratekan dengan frame terbuka; sementara gedung parkirannya memakai tembok geser karena split-level. Tinggi lantai-ke-lantai bangunan untuk lantai 1 (dasar) adalah 4,9 meter sementara lantai 2-10 adalah 3,85 meter.

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1980an dapat anda baca di artikel ini


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaKuningan Plaza
AlamatJalan H.R. Rasuna Said Kav. C11-14 Setiabudi, Jakarta Selatan, Jakarta
ArsitekNihon Sekkei (arsitek utama)
Dacrea (architect of record)
PemborongJaya Ohbayashi
Lama pembangunan (menara utara)November 1983 – Oktober 1984
Lama pembangunan (menara selatan dan parkir)Maret 1984 – April 1985
Jumlah lantai (menara utara dan selatan)11 lantai
Jumlah lantai (gedung parkir)8 lantai
SignifikasiSejarah (korban pengeboman Gedung Kedubes Australia)
Referensi: Majalah Konstruksi #97 April 1986

Referensi

  1. “Kuningan Plaza kompleks perkantoran serba lengkap”. Majalah Konstruksi No. 97, April 1986.
  2. Imelia Pebreyanti/Riz (2014). “9-9-2004: Ledakan Bom Depan Kedubes Australia di Jakarta”. Liputan 6 SCTV, 9 September 2014. Diakses 19 September 2019. (arsip)
  3. Julius Pour (2004). “Kerugian akibat Bom Lima Juta Dolar AS Lebih”. KOMPAS, 15 September 2004.
  4. iy (2004). “Pasca Bom, Perkantoran Kuningan Dibuka Kembali Selasa”. Detikcom, 10 September 2004. Diakses 19 September 2019. (arsip)
  5. KOMPAS, 10 September 2004. (Infografik di Halaman 1, judul “Ledakan Bom Mobil”).
  6. Website resmi Plaza Kuningan, diakses 19 September 2019. (arsip)

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *