Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Gedung Perkantoran Medan Pemuda adalah gedung kantor berlantai delapan yang berdiri di tengah kota Surabaya, bersebelahan dengan WTC Surabaya yang satu kepemilikan, dan dekat dengan beberapa gedung-gedung mentereng lain seperti Surabaya Delta Plaza, Sinarmas Land Plaza dan Hotel Garden Palace.

Gedung Medan Pemuda
Gedung perkantoran awal di Kota Pahlawan. Foto oleh mimin SGPC

Gedung ini sebenarnya tidak terlalu signifikan untuk mewarnai cakrawala Surabaya, tetapi gedung ini cukup menarik untuk dibahas, karena desainnya yang cukup menarik ini ternyata dirancang oleh tim arsitek Desakota Infra pimpinan Rivai Pulungan, dengan Daniel A. Imanto sebagai kepala tim perencana. Gedung Medan Pemuda dibangun mulai 17 Mei 1985 dan selesai dibangun sekitar November 1986 dan mulai digunakan pada 13 Juli 1987.

Plakat Gedung Medan Pemuda
Plakat gedung. Foto oleh mimin SGPC

Desain arsitekturnya dibuat simetris dan sama dari keempat sudut, dan juga sangat memperhitungkan ekonomi dari pembangunan gedung, disebut dengan Value Engineering. Dalam ilmu ini, rancangan gedung dibuat semaksimal mungkin agar memiliki luas perkantoran yang maksimal dan luas lahan yang ekonomis. Apa yang ditarik dari ilmu ini adalah luas lantai gedung totalnya hanya k/l 9.000 meter persegi dengan luas lahan 6.000 meter persegi. Finishing bangunan menggunakan lapis kaca riben dan tembok dicat putih.


Iklan

Gedung Medan Pemuda
Dilihat dari dekat. Foto Ronniecoln.

Gedung setinggi 40 meter ini dibangun dengan pondasi Frankipile dan struktur utama beton bertulang. Untuk mencegah banjir luapan Kali Surabaya masuk ke gedung (walau saat ini belum pernah terjadi), gedung dinaikkan 2 meter dari permukaan jalan.

Pada saat selesai dibangun, Gedung Medan Pemuda menjadi satu dari dua kantor cabang utama BankExim se-Surabaya dan kantor pusat dari Bursa Efek Surabaya sejak 1989 hingga melebur bersama Bursa Efek Jakarta menjadi Bursa Efek Indonesia pada 30 November 2007. Saat ini, gedung ini ditempati penerus BankExim, Bank Mandiri dan sejumlah perusahaan lainnya.

Gedung Medan Pemuda Surabaya - Kompas, 24 Desember 1988
Iklan di harian KOMPAS, 24 Desember 1988

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1980an dapat anda baca di artikel ini

Data dan fakta

AlamatJalan Pemuda No. 27-31 Genteng, Surabaya, Jawa Timur
ArsitekIr. Daniel A. Imanto (Desakota Infra)
PemborongMurthy Kurnia Utama
Lama pembangunanMei 1985 – Juli 1987
Dibuka13 Juli 1987
Jumlah lantai8 lantai
Tinggi gedung40 meter
Referensi: Plakat; Majalah Konstruksi #116 Desember 1987

Referensi

  1. Muhammad Zaki (1987). “Gedung Bank Ekspor-Impor Surabaya: Menampilkan bentuk yang sama dari semua arah”. Majalah Konstruksi No.116, Desember 1987.
  2. Mohamad Samsul. “Pasar Modal & Manajemen Portofolio” (2006). Jakarta: Penerbit Erlangga. ISBN: 9797816850. (hal. 30)

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *