Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Berdiri diantara Treva International Hotel dan calon apartemen De Fontein Menteng, berdiri sebuah gedung tua berlantai enam bernama Panti Trisula Perwari, yang sejarahnya kita belum ketahui hingga mimin sempat membahasnya dikit lewat Flickr. Sekarang informasi yang lebih lengkap dan konstruktif dibahas melalui blog Setiap Gedung Punya Cerita ini.

Panti Trisula Perwari
Foto oleh mimin SGPC

Iklan

Gedung ini merupakan kantor pusat dari organisasi masyarakat yang bergerak memajukan perempuan Indonesia yaitu Persatuan Wanita Republik Indonesia (Perwari). Gedung ini awalnya bernama “Dari Wanita Untuk Wanita” dan diresmikan pembangunannya pada tanggal 17 Desember 1965 (dua bulan setelah insiden Gerakan 30 September yang gagal) oleh Gubernur DKI Jakarta Mayjen. Dr. Sumarno Sosroatmodjo, Menteri Cipta Karya (sekarang setara Menteri Pekerjaan Umum) David Cheng dan Dr. Hurustiati Subandrio (istri Menlu Subandrio).

Gedung dengan biaya pembangunan Rp. 181.500.000 nilai 1972 itu dibiayai dari dana anggota Perwari (disebut pada 1965 urunan 100 rupiah per orang), urunan dari Nederlandse Organisatie voor Internationale Samenwerking (Organisasi Kerjasama Internasional Belanda), bantuan sosial dari Pemda DKI dan uang hasil penjualan gedung di Kebayoran. Internationale Samenwerking, dalam waktu beberapa tahun kedepan setelah membangun gedung ini juga memberi bantuan pendanaan untuk Yayasan Bina Manajemen yang lokasinya tidak jauh dari gedung Perwari.

Tidak ada catatan seberapa lama gedung ini dibangun. Laporan KOMPAS mengenai rencana Perwari mengadakan seminar mengenai partisipasi perempuan dalam pembangunan di desa pada bulan Oktober 1971 menjadi indikasi Panti Trisula Perwari mulai digunakan. Baru pada 14 Desember 1972 Panti Trisula Perwari diresmikan penggunaannya oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX (dalam kapasitasnya sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia).

Awal penggunaannya, Panti Trisula Perwari difungsikan sebagai kantor sekretariat pusat Perwari, asrama bagi peserta seminar dan ruang konferensi. Sayangnya, SGPC tidak memiliki detail mengenai penggunaan terkini gedung yang saat ditulis sudah memasuki tahun 2022 ini telah menginjak usia setengah abad.

Panti Trisula Perwani samping, lusuh
Bagian sampingnya cukup sulit terjamah. Foto oleh mimin SGPC

Iklan

Data dan fakta

Nama lama“Dari Wanita untuk Wanita”
AlamatJalan Menteng Raya No. 35 Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta
Lama pembangunanDesember 1965 – ca. September 1971
Diresmikan14 Desember 1972
Jumlah lantai6 lantai
Biaya pembangunanRp. 181,5 juta (1972)
Rp. 23,4 milyar (inflasi 2022)
Referensi: KOMPAS 18/12/1965; 14/12/1972

Referensi

  1. “Dari wanita untuk wanita”. KOMPAS, 18 Desember 1965, hal. 3
  2. Hp (1971). “Perwari Ikut Usahakan Tiadanja Diskriminasi.” KOMPAS, 25 September 1971, hal. 2
  3. Kr (1972). “Panti “Trisula” Diresmikan.” KOMPAS, 15 Desember 1972, hal. 1

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *