Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Setelah kemarin mimin SGPC bahas kantor Bank Negara Indonesia di Banjarmasin, sekarang mimin bahas yang di Manado. Dan data yang ada akan lebih terbatas, karena inilah gedung bank.

Gedung BNI Manado
Foto oleh tante mimin SGPC

Gedung BNI 1946 di Jalan Dotulong Lasut, Kota Manado, Sulawesi Utara, berfungsi sebagai kantor cabang utama untuk kota Kawanua dan kantor wilayah XI BNI. Gedung berbentuk segi enam dengan eksterior curtain wall berwarna biru dan lapis aluminium tersebut dirancang oleh tim arsitek Ciriajasa dan diresmikan oleh Direktur Utama BNI Winarto Soemarto pada 9 November 1993. Tidak ada catatan kontraktor dan lama konstruksi.

Kemungkinan gedung berlantai 6 dan 1 ruang bawah tanah dengan luas lantai 6.000 meter persegi ini adalah hasil renovasi; tercatat selain lapis aluminium dan curtain wall, di lantai terbawah granit juga digunakan untuk memoles gedung ini, namun sekarang sudah sepenuhnya berlapiskan aluminium.

Salah satu instalasi listrik gedung BNI Manado di lantai ruang bawah tanah meledak pada tanggal 24 Oktober 2012, dipicu korsluiting listrik. Saat itu, ditengah kekhawatiran terulangnya teror bom di Poso, pegawai berlarian keluar dari gedung ini.

Data dan fakta

AlamatJalan Dotulolong Lasut No. 1 Wenang, Manado, Sulawesi Utara
ArsitekCiriajasa
Selesai dibangun~1993
Diresmikan9 November 1993
Jumlah lantai6 lantai
1 basement

Referensi

  1. Saptiwi Djati Retnowati (1991). “Info Proyek: Gedung Kantor Wilayah 11 & Cabang Bank BNI – Manado.” Majalah Konstruksi No. 159, Juli 1991, hal. 57
  2. Plakat peresmian
  3. Ronny Adolof Buol (2012). “Ledakan di BNI Manado akibat Korsleting.” KOMPAScom, 24 Oktober 2012. Diakses 25 April 2022 (arsip)

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, dan bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *