Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Simprug Indah adalah sebuah apartemen yang berlokasi di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, tepatnya di Jalan Teuku Nyak Arief (dahulu Jalan Arteri Simprug). Dikembangkan melalui kerjasama antara Grup Pikko – pengembang Beverly Towers dan Apartemen Slipi – dan pemborong Raka Utama, yang membangun apartemen ini, di bawah nama PT Indahmegah Santoso, apartemen 31 lantai dan 3 basement ini dibangun mulai Agustus 1995 hingga selesai pada bulan April 1997, bertepatan dengan penyerahan kunci kepada pembeli/investor.

Apartemen Simprug Indah, 1997
Tampilan klasik dan polos. Foto oleh Majalah Konstruksi.

Secara desain Apartemen Simprug Indah mengekor gaya arsitektur yang tren di masanya, yaitu pascamodernisme. Dirancang oleh tim arsitek Megatika Internasional, apartemen ini terbagi ke dalam dua menara, salah satunya dimajukan ke depan dan disatukan oleh sebuah core bangunan. Fitur-fitur pascamodern klasik dari apartemen ini, yang dibuat lebih polos, terdiri dari bagian penthouse dan kanopinya diberikan bentuk lengkung dan penggunaan kolom di podium.

Apartemen Simprug Indah dicat warna pastel untuk bangunan utamanya, dan cokelat kemerahan di podium. Pondasi yang digunakan terdiri dari bored pile (pancang bor) dan strukturnya tergolong konvensional yaitu open frame dengan tembok geser. Luas lantai kasar total mencapai 39.300 m2.

Apartemen Simprug Indah menyediakan 225 unit apartemen, semuanya dijual kepada masyarakat, yang terbagi ke dalam empat tipe yaitu 1, 2, 3 kamar tidur dan penthouse. Fasilitas yang disediakan merupakan fasilitas standar yaitu lapangan tenis, taman bermain anak-anak, kolam renang, sasana kebugaran hingga ruang rapat. Pembangunan apartemen tersebut menghabiskan biaya Rp 60 milyar nilai 1997.


Iklan

Data dan fakta

AlamatJalan Teuku Nyak Arief No. 98 Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jakarta
ArsitekMegatika Internasional
PemborongRaka Utama
Lama pembangunanAgustus 1995 – April 1997
Jumlah lantai31 lantai
3 basement
Jumlah unit225 unit
Biaya pembangunanRp. 60 milyar (1997, setara Rp. 439 milyar nilai 2021)
Referensi: Majalah Konstruksi #263 November 1997

Referensi

  1. Saptiwi Djati Retnowati (1997). “Apartemen Simprug Indah, tampil dengan gaya klasik yang disederhanakan.” Majalah Konstruksi No. 263, November 1997
  2. Arief Prasetyo (2007). “Mencari kenyamanan di Pusat Kota.” Majalah Bisnis Properti (Panangian) No. 43, April 2007, hal. 72-73

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *