Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Prudential Tower di Jalan Sudirman, Setiabudi, Jakarta Selatan, adalah gedung perkantoran berlantai 24 dan 3 basement yang dimiliki oleh Selaras Propertindo, dirancang oleh tim arsitek dari Denton Corker Marshall dan dibangun mulai Oktober 2007 hingga Desember 2008 oleh Tatamulia Nusantara Indah dan Cipta Dimensi Baja Nusantara.

Menara Prudential
Saudara tiri dari Aussie. Foto oleh mimin SGPC

Gedung tersebut awalnya bernama Sudirman Tower sebelum diganti namanya setelah anak perusahaan asuransi asal Inggris, Prudential Indonesia, meneken perjanjian sewa dengan pengelola bangunan pada tahun 2008. Gedung Prudential Tower didominasi lapis kaca curtain wall, dengan bentuk kotak yang saling tempel, yang disebut oleh tim perancang struktur Davy Sukamta & Partners “menghasilkan bentuk yang sederhana namun indah”. Desainnya mirip dengan bentuk gedung 8 Exhibition Street di Melbourne, Australia, kampung halaman Denton Corker Marshall.

Gedung setinggi 110 meter ini berdiri diatas pondasi bor pancang dan beton bertulang frame terbuka dengan core tembok geser, dan menampung luas lantai total 25.177 m2.

Data dan fakta

Nama lamaSudirman Tower
AlamatJalan Jenderal Sudirman Kav. 79 Setiabudi, Jakarta Selatan, Jakarta
ArsitekDenton Corker Marshall (arsitektur)
Davy Sukamta & Partners (struktur)
Pemborong (J.O.)Tatamulia Nusantara Indah
Cipta Dimensi Baja Nusantara
Lama pembangunanOktober 2007 – Desember 2008
Jumlah lantai24 lantai
3 basement
Tinggi gedung110 meter
Referensi: Davy Sukamta & Partners, Skyscrapercity

Referensi

  1. Info dasar mengenai Sudirman Tower; dipost oleh user g4brielle di Skyscrapercity, 29 Oktober 2007. Diakses 19 Agustus 2021
  2. Halaman resmi Davy Sukamta & Partners, diakses 19 Agustus 2021 (arsip)
  3. Colliers International (2008). “Office Market Report, August 2008.” Colliers International, Agustus 2008, diarsip 6 Desember 2008

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *