Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Apartemen Slipi
Foto oleh mimin SGPC

Berlokasi di sisi barat Jalan Gatot Subroto, Apartemen Slipi, atau sebelumnya dikenal dengan nama Apartemen Parkview sebelum Indonesianisasi instalasi real estate, adalah apartemen kembar berlantai 26 lantai, menyediakan 270 unit apartemen. Apartemen tersebut dikembangkan oleh PT Multipanen Kontrindo, dirancang oleh Megatika Internasional dan dibangun oleh Murinda Iron Steel mulai Maret 1993 hingga selesai dibangun pada sekitar Juli 1995, ditengah booming apartemen yang melanda ibukota Indonesia.

Apartemen Slipi buatan Megatika dirancang dengan gaya pascamodernisme, dengan bentuk bangunan membentuk formasi bentuk Y, seperti halnya Apartemen Beverly Towers, yang pengembangnya merupakan bagian dari Pikko Group, atau Kondominium Juanda yang beda pemilik. Bentuk tersebut, versi Megatika Internasional, didasari keinginan merancang apartemen yang efisien namun tetap eksklusif. Eksterior hunian susun dengan luas lantai total 35.600 m2 itu dicat cokelat.

Apartemen tersebut terbagi ke dalam tiga jenis unit: 220 unit 3 kamar tidur dengan luas 121 m2, 44 unit 2 kamar tidur dengan 105 m2 (versi majalah Konstruksi, luas unit 2 kamar tidur adalah 95 m2) dan enam penthouse dua lantai (25 dan 26) seluas 235 m2. Keseluruhan apartemen tersebut dijual. Fasilitas yang disediakan, seperti biasanya, adalah kolam renang, lapangan tenis, dan taman bermain, dengan dua lobi per menaranya, pihak perancang mengatakan untuk memudahkan sirkulasi ketimbang membangun podium. Majalah Properti Indonesia, dalam ulasannya mengenai apartemen di Jakarta, memuji lokasinya yang strategis, tetapi menyebut adanya masalah kemacetan di kawasan Slipi.

Akhir dekade 1980an, nama Apartemen Slipi merujuk pada Apartemen Calindra, yang terakhir difungsikan sebagai kampus ITBK Slipi sebelum dibongkar.


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaApartemen Parkview
AlamatJalan Letjen S. Parman No. 22 Palmerah, Jakarta Barat, Jakarta
Jumlah menara2
ArsitekMegatika Internasional (arsitektur)
Duta Rekayasa (struktur)
Wijaya Tribwana Internasional (interior)
Atelier 6 (kelistrikan)
PemborongMurinda Iron Steel (struktur dan kulit)
Indopora (pondasi)
Jumlah lantai (kedua menara)26 lantai
1 basement
Jumlah unit270
Referensi: Majalah Konstruksi #205 Mei 1995

Referensi

  1. Aria (1995). “Apartemen Parkview: Desain Efisien Berkat Ketekunan”. Majalah Konstruksi No. 205, Mei 1995, hal. 47-51
  2. Properti Indonesia, Mei 1994, halaman 88
  3. Arsip halaman resmi Megatika Internasional, diarsip 28 Desember 2001
  4. Arief Prasetyo (2007). “Mencari kenyamanan di Pusat Kota.” Majalah Bisnis Properti (Panangian) No. 43, April 2007, hal. 72-73

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *