Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

BNI Corporate University adalah sebuah institusi pendidikan “swasta” yang dimiliki oleh BUMN Bank Negara Indonesia 1946 untuk mendidik dan mengasah calon karyawan BNI. Awalnya BNI Corporate University alias universitas perusahaan BNI dan merupakan sebuah pusdiklat yang berlokasi di Slipi.

BNI Corporate University Slipi
Asrama BNI Corporate University di kiri. Foto oleh mimin SGPC

Iklan

Lokasi diklat BNI di Slipi awalnya adalah sebuah apartemen bernama Arjuna Plaza yang dikembangkan bahkan dibangun sendiri oleh Bangun Tjipta Sarana. Apartemen tersebut adalah yang pertama dibangun oleh swasta (bukan instansi pemerintah/militer/kedutaan besar) di Indonesia setelah hampir 20 tahun lebih setelah dibangun apartemen di Surabaya, dibangun sebagai jawaban atas kurangnya sarana yang cocok bagi para ekspatriat yang datang ke Indonesia, sementara pasok perkantoran saat itu dianggap oleh pihak Bangun Tjipta, terlalu deras untuk dikecimpungi (di tahun 1976 sendiri sudah ada 5 gedung perkantoran baru yang mulai beroperasi).

Pembangunan Arjuna Plaza dimulai tahun 1975 dan selesai dibangun pada Januari 1976, ditempati sejak April, dan diresmikan penggunaannya sebulan kemudian. Hingga Januari 1977, apartemen ini 100 persen disewa, sementara delapan bulan pertama tahun 1977 mencapai sekitar 85-90 persen disewa, keseluruhan oleh ekspatriat. 

Wartawan Bondan Winarno, dalam laporannya di majalah SWA, pernah mengatakan: 

“di dekat bundaran Slipi, sekitar 15 tahun yang lalu dipasarkan sebuah rumah susun yang tiap unit apartemennya mempunyai luas lebih dari 100 meter persegi. Konon, rumah susun mewah itu lalu hanya menjadi tempat orang kaya menyimpan gula-gulanya”

Bondan Winarno

Yang secara implisit menyebut Arjuna Plaza sebagai apartemen yang kurang laku, kontradiktif dengan laporan Majalah Konstruksi pada tahun 1977. Kemungkinan pernyataan Bondan terkait persaingan apartemen yang semakin ketat dengan hadirnya apartemen lainnya yang lebih representatif, sementara Arjuna Plaza tidak memanfaatkan dengan baik persaingan tersebut, dan Arjuna Plaza bukan sebuah apartemen jual putus.

Hal tersebut membuat BNI, versi Bondan disebut sebagai kreditor Arjuna Plaza, memutuskan membeli Arjuna Plaza dari Bangun Tjipta dan menjadikannya asrama pusdiklat. Pusdiklat tersebut sejak 2016 menjadi BNI Corporate University. Dua puluh tahun setelah apartemen Arjuna Plaza dibangun, Bangun Tjipta berhasil merampungkan apartemen keduanya yaitu Apartemen Semanggi, yang berlokasi di sebelah Jakarta Design Centre (yang juga bersebelahan dengan BNI Corporate University Slipi).

Asrama BNI Corporate University Slipi memang tidak memiliki luas lantai yang besar dibanding rata-rata apartemen di Indonesia saat ini, yaitu 120 meter persegi dengan 3 kamar tidur per unitnya, cukup untuk 108 mahasiswa atau calon karyawan BNI. Per lantainya juga sangat sedikit, 3 unit/lantai. Postur gedung rancangan Ir. Beny Sumirat dari biro arsitek tak ternama PT Futura ini juga sangat pendek dan kecil untuk standar megapolitan, tinggi 39 meter. Awalnya eksteriornya dicat, kini BNI melapisinya dengan alucobond.

BNI Corporate University tidak hanya berlokasi di Slipi tetapi juga membuka kampus di samping Gedoeng BNI.


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaArjuna Plaza
AlamatJalan Letjen S. Parman No. 55-56 Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekIr. Beny Sumirat (PT Futura)
PemborongBangun Tjipta Sarana
Lama pembangunan1975 – Januari 1976
DiresmikanMei 1976
Jumlah lantai12 lantai
Tinggi gedung39 meter
Jumlah kamar108 (36 unit)
Referensi: Majalah Konstruksi September-Oktober 1977

Referensi

  1. “Apartemen Arjuna Plaza, begitu dibuka terus penuh.” Majalah Konstruksi, September-Oktober 1977, hal. 32-39
  2. Bondan Winarno (1988). “Rumah Bertetangga Awan”. Majalah SWAsembada No. 3/IV, Juni 1988, hal. 29-31
  3. Transformasi Digital BNI Corporate University.” Productivity & Quality Management Consultants. Tanpa tanggal, diakses 24 Juni 2021 (arsip)
  4. Sinar Harapan, 28 Januari 1976, hal. 9 (iklan Bangun Tjipta Sarana)

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Atau, bila anda berminat dengan artikel majalah yang dikutip oleh blog ini, sekaligus butuh referensi, belilah di TORSIP SGPC!


Bagaimana pendapat anda......

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights