Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Apartemen Simprug Teras adalah sebuah apartemen kelas menengah di kawasan Simprug, Jakarta Selatan. Ia dikembangkan oleh PT Amanda Sentosa Graha, sebuah anak perusahaan properti Grup Amcol, yang lebih populer di masanya melalui penjualan dan perakitan alat elektronik Sony, hanya dengan satu blok saja.

Apartemen dengan 125 unit ini dirancang oleh tim arsitek dari Patroon Arsindo, dan pembangunannya dilakukan oleh PP Taisei mulai November 1994 dan selesai dibangun dan sudah diserahkan kuncinya per awal 1997. Pihak pengembang mengatakan bahwa apartemen seluas 37.800 meter persegi ini desain dasarnya dirancang oleh konsultan Singapura, sayangnya arsitek tersebut tidak teridentifikasi namanya. Grup Amcol mengucurkan dana 28 juta dolar AS (Rp 65,4 milyar) atau dalam nilai rupiah sekarang (2020) mencapai 500 milyar rupiah, untuk membangun Apartemen Simprug Teras saja.

Simprug Teras merupakan apartemen bergelar strata (dijual). Sayangnya, penulis SGPC belum memiliki data lengkap mengenai pembagian 125 unit apartemen berlantai 21 lantai dengan 2 basemen parkir ini. Harga saat pertama dijual dikabarkan mencapai 1900 dolar AS (Rp 4,4 juta) per meter persegi, setara dengan Rp 33,5 juta per meter persegi nilai tukar 2020.

Desain arsitekturnya dirancang dengan gaya arsitektur pascamodern, menggabungkan elemen klasik seperti pilar dan cornice, dan perpaduan modern dengan lengkung berlapis kaca yang sedikit terlihat janggal bagi gedung bergaya pascamodern. Secara struktur, gedung Apartemen Simprug Teras ditopang oleh pondasi Frankipile dengan struktur atas memadukan empat tembok geser dan portal terbuka untuk menopang balok lantai-lantainya.

Fasilitas yang ditawarkan Apartemen Simprug Teras cukup biasa, yaitu trek jogging, kolam renang, taman bermain, rumah makan, hingga lapangan tenis.


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaSimpruk Terrace Condominium
AlamatJalan Teuku Nyak Arief Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jakarta
ArsitekPatroon Arsindo (arsitek)
Davy Sukamta & Partners (struktur)
PemborongPP Taisei
Lama pembangunan1994 – 1997
Jumlah lantai21 lantai
2 basement
Jumlah unit125
Biaya pembangunanRp. 65,4 milyar (1996)
Rp 500 milyar (inflasi 2020)
Referensi: Majalah Konstruksi #238 November 1996; Properti Indonesia #11 Desember 1994

Referensi

  1. Saptiwi Djati Retnowati (1996). “Simpruk Teras Condominium: Dirancang setara dengan kelasnya”. Majalah Konstruksi No. 238, November 1996, hal. 55-59
  2. IU (1994). “Simpruk Terrace Mulai Dibangun”. Majalah Properti Indonesia No. 11, Desember 1994, hal. 22

Lokasi

Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini dan eksklusif, dan bila anda perlu bahan dari koleksi pribadi SGPC, anda bisa mengunjungi TORSIP SGPC. Belum bisa bikin e-commerce sendiri sayangnya....


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *