Iklan

Google Translation avaliable here. Use at your own risk; some translation may be incorrect or misleading:

Plaza Bank Index, sebelumnya bernama Plaza Permata dari 1992-2018, berlokasi diantara Oil Centre dan Wisma Nusantara, di Jalan M.H. Thamrin Kav. 57 Jakarta. Gedung berlantai 13 dan 1 basement ini dibangun di atas bekas gedung kantor pusat PT Pembangunan Perumahan yang lama, yang dibongkar pada 1990 dalam rangka pembangunan Plaza Permata. PT PP kini berkantor pusat di bilangan TB Simatupang. Gedung berlapis kaca ini dirancang oleh tim arsitek dari Jepang bernama A&T Associates, bersama dengan mitra lokal Perentjana Djaja, dan dibangun oleh PT Pembangunan Perumahan mulai Februari 1991 hingga Juni 1992.

Plaza Bank Index d/h Permata Plaza
Foto oleh mimin SGPC

Iklan

Plaza Bank Index dikembangkan dan dikelola oleh PT Mitra Permata Indah yang merupakan patungan PT Pembangunan Perumahan, Taisei, dan Mitsui – kedua perusahaan asal Jepang yang juga memiliki peran besar dalam pembangunan tetangganya, Wisma Nusantara, pada medio 1969-1972. Plaza Bank Index memiliki 5 lantai parkiran yang menampung 280 kendaraan roda empat, 7 lantai perkantoran, satu lantai operasional bank dan lantai basement, khusus untuk mengoptimalkan kebutuhan ruang parkir di lahan seluas hanya 3.693 meter persegi.

Hal menarik pada gedung ini adalah adanya atrium yang menjadi penunjuk fungsi lantai, pemberi cahaya matahari masuk gedung, dan menjadi nilai tambah bangunan. Dalam web resmi Plaza Bank Index, mereka menggambarkan atrium mereka sebagai “lobi atrium menggambarkan citra bangunan yang bersih, halus, dengan keeleganan yang hangat dan tak tertandingi” dan mengklaimnya sebagai satu-satunya bangunan di Jalan MH Thamrin dengan atrium.

Gedung dengan luas lantai kotor 25 ribu meter persegi ini menggunakan pondasi tiang bor dengan kedalaman 7,5 meter dan struktur atas menerapkan rangka dengan konstruksi beton bertulang dan beton pratekan.

Plaza Permata diresmikan oleh Menteri PU Ir. Radinal Mochtar pada 30 November 1992, dengan tenant awal Bank Modern, Sinar Mas, dan Mitsui. Bank Modern dibekukan operasionalnya sebagai buntut krismon 1998. Plaza Permata berubah sejak 23 Agustus 2018, setelah Bank Index, yang berkantor di gedung ini, bersama dengan pihak pengelola gedung meresmikan nama barunya.

Selengkapnya mengenai garis besar gedung era 1990an dapat anda baca di artikel ini


Iklan

Data dan fakta

Nama lamaPlaza Permata
AlamatJalan M.H. Thamrin Kav. 57 Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta
ArsitekA&T Associates (Jepang) (arsitektur)
Perentjana Djaja (architect of record)
PemborongPembangunan Perumahan
Lama pembangunanFebruari 1991 – Juni 1992
Jumlah lantai13 lantai
1 basement
Biaya pembangunanRp 28 milyar (1992)
Rp 296 milyar (inflasi 2020)
Referensi: Majalah Konstruksi #175 November 1992

Referensi

  1. Dwi Ratih; Retnowati, Saptiwi Djati (1992). “Permata Plaza: Hadir dengan Atrium Yang Menarik”. Majalah Konstruksi No. 175, November 1992.
  2. Website resmi Plaza Permata (arsip, arsip Plaza Bank Index)
  3. Erman Subekti (2018). “Peresmian Plaza Bank Index”. Infobank, 23 Agustus 2018. (arsip)
  4. IRA (1992). “Kilas Jabotabek: Permata Plaza”. KOMPAS, 1 Desember 1992.

Lokasi

Anda suka SGPC dan ingin membantu suksesnya blog ini? Dukung kami dengan memberi saweran via Saweria, dan anda mendapat kesempatan nama anda dipajang di halaman khusus ini. Kunjungilah Trakteer SGPC untuk mendapatkan konten-konten akses dini, eksklusif serta kliping artikel dari Rak Arsip SGPC!
Dukungan via Saweria akan ditutup pada 1 Juli 2024.


Bagaimana pendapat anda......

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *